RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK.........
Mata Pelajaran : Produktif Teknik Sepeda Motor
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan ke :
1 - 3
Alokasi Waktu : 3 x @ 45 Menit
Standar Kompetensi : Menggunakan alat-alat ukur (measuring tool)
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
komponen sistem transmisi otomatis.
Indikator
· Mengidentifikasi
komponen sistem transmisi otomatis dilakukan tanpa menyebabkan kerusakan
terhadap komponen atau sistem lainnya.
· Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
·
Pendiagnosis gangguan sistem transmisi otomatis dilakukan sesuai
spesifikasi kendaraan mengenai metode dan perlengkapan.
·
Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeriksaan.
·
Seluruh kegiatan identifikasi komponen sistem transmisi otomatis
dilakukan berdasarkan SOP, UU K3L, peraturan perundang-undangan dan prosedur /
kebijakan pabrik.
A.
Tujuan
pembelajaran
Siswa
dapat:
1. Menjelaskan cara
menggunakan alat-alat ukur sesuai konsep keilmuan yang terkait
2. Mengidentifikasi
fungsi komponen, alat dan proses menggunakan alat-alat ukur
3. Melakukan
pekerjaan dengan cepat dan tepat
B.
Materi
Pembelajaran
Menjelaskan penggunaaan alat-alat ukur (measuring
tools) sesuai konsep keilmuan yang terkait
1.
Jenis, spesifikasi dan
fungsi alat ukur.
2.
Penggunaan alat – alat ukur
mekanik
3.
Penggunaan alat – alat ukur
peneumatik
4.
Penggunaan alat – alat ukur
elektrik/elektronik
5.
Perawatan alat-alat ukur
C.
Pendidikan
Karakter
1.
Jujur
2.
Kerja Keras
3.
Tanggung Jawab
D.
Metode
pembelajaran
Pendekatan pembelajaran yang
digunakan adalah pendekatan scientific dengan model pembelajaran Cooperative
Learning dengan tipe model
pembelajaran NHT ( Number Head Together
) dengan menggabungkan metode penugasan, ceramah, tanya jawab dan diskusi.
E.
Media
Pembelajaran
1. LCD
( Power Point )
2. Internet
3. Lembar
Kerja Siswa
F.
Sumber
Belajar
1. Umaryadi,
S.Pd., Pengetahuan Dasar Teknik Mesin, Yudistira, Bogor, 2005
2. Drs.
Eka Yogaswara dan Drs. Rahmaat Mansyur, Pembentukan , Armico, Bandung, 2005
3. Internet
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan gambaran
tentang penggunaan alat ukur
2.
Sebagai apersepsi untuk
mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan
masalah mengenai bagaimana menggunakan alat ukur
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
Melihat:
Guru
memberikan gambaran tentang penggunaan alat ukur
Menanya:
Siswa
diberi pertanyaan mengenai proses pengukuran suatu benda menggunakan alat
ukur tertentu
Menalar:
Siswa
diberi lembar kerja siswa yang berisi tentang penggunaan
alat ukur
Mencoba:
Dengan
menggunakan peralatan yang ada, siswa diminta untuk mencoba melakukan
pengukuran seperti
yang telah dipelajari sebelumnya
Menyimpulkan dan
menggeneralisasikan:
Guru
meminta dua siswa dalam anggota kelompok yang ada untuk mempresentasikan hasil
pekerjaannya
|
56 JP
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta menyimpulkan
tentang pekerjaan penggunaan alt ukur
2.
Guru memberikan tugas PR
|
10 menit
|
H.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.
Tugas terstruktur : siswa diminta untuk mencari di
internet tentang alat ukur yang biasa digunakan untuk pekerjaan di bengkel
sepeda motor, dikumpulkan paling lambat 24 Agustus 2015
3.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
|||
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif
dalam pembelajaran
b.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
|||
2.
|
Pengetahuan
a.
Menjelaskan
kembali tentang penggunaan alat ukur
b.
Mengetahui
cara melakukan pekerjaan dengan benar
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
|||
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil dalam
menyelesaikan penggunaan alat ukur
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok)
dan saat diskusi
|
|||
Mengetahui
Waka Kurikulum,
________________
|
Sukoharjo, 9
Juli 2015
Guru Mata
pelajaran
__________________
|
|||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar