RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Produktif
Teknik Sepeda Motor
Kelas / Semester : XI / 4
Alokasi Waktu : 7 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Melakukan perbaikan sistem transmisi manual.
Kompetensi Dasar : Mendiagnosis gangguan pada sistem transmisi manual.
Indikator :
1.
Mendiagnosis
gangguan
sistem transmisi manual dilakukan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen
atau sistem lainnya.
2. Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
3. Pendiagnosis
gangguan sistem transmisi manual dilakukan sesuai spesifikasi kendaraan
mengenai metode dan perlengkapan.
4. Data yang
tepat dilengkapi sesuai hasil pemeriksaan.
5. Seluruh
kegiatan diagnosis gangguan sistem transmisi manual dilakukan berdasarkan SOP,
UU K3L, peraturan perundang-undangan dan prosedur / kebijakan pabrik.
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan kegiatan belajar ini, siswa dapat:
1.
Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip operasi dari transmisi manual.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian transmisi manual.
3.
Siswa dapat mengetahui tentang penggunaan minyak / pelumas transmisi.
4.
Siswa memperoleh informasi teknik yang sesuai.
B. Materi
Pembelajaran
1.
Prinsip kerja transmisi manual.
2.
Identifikasi bagian-bagian transmisi manual.
3.
Data spesifikasi pabrik.
4.
Langkah kerja identifikasi transmisi manual berdasarkan SOP, UU K3L dan
prosedur / kebijakan pabrik.
C.
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Demontrasi
4.
Tanya jawab
5.
Penugasan/ praktik
6.
Penugasan/ praktik
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Kegiatan
Awal
o
Diawali
dengan pemberian salam
o
Guru
mengajak semua siswa berdoa bersama.
o
Guru
melakukan presensi siswa
o
Guru
menjelaskan tentang tujuan dan materi pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
o
Guru menjelaskan
nama-nama komponen transmisi manual
o
Guru
menjelaskan fungsi masing-masing komponen transmisi manual
2.
Elaborasi
o
Guru
mengajak siswa mengemukakan pendapat mengenai prinsip dasar dan fungsi
masing-masing komponen transmisi manual
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk bertanyajawab tentang transmisi manual
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk menyebutkan komponen-komponen transmisi manual
3.
Konfirmasi
o
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa atas keberhasilannya.
o
Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya pada materi yang belum dipahami.
o
Guru
membantu menyelesaikan persoalan/hal yang belum dipahami oleh siswa.
3.
Kegiatan
Akhir
o
Merangkum/membuat
kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
o
Guru
memberikan tugas tes/praktek kepada siswa seputar materi yang disampaikan.
o
Siswa
mengerjakan tugas/tes/praktek yang diberikan oleh guru.
Pertemuan 2
1.
Kegiatan
Awal
o
Diawali
dengan pemberian salam
o
Guru
mengajak semua siswa berdoa bersama.
o
Guru
melakukan presensi siswa
o
Guru
menjelaskan tentang tujuan dan materi pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
o
Guru
menjelaskan nama-nama komponen transmisi manual
o
Guru
menjelaskan fungsi masing-masing komponen transmisi manual
2.
Elaborasi
o
Guru
mengajak siswa mengemukakan pendapat mengenai prinsip dasar dan fungsi
masing-masing komponen transmisi manual
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk bertanyajawab tentang transmisi manual
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk menyebutkan komponen-komponen transmisi manual
3.
Konfirmasi
o
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa atas keberhasilannya.
o
Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya pada materi yang belum dipahami.
o
Guru
membantu menyelesaikan persoalan/hal yang belum dipahami oleh siswa.
3.
Kegiatan
Akhir
o
Merangkum/membuat
kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
o
Guru memberikan
tugas tes/praktek kepada siswa seputar materi yang disampaikan.
o
Siswa
mengerjakan tugas/tes/praktek yang diberikan oleh guru.
Pertemuan 3 - 7
1.
Kegiatan
Awal
o
Diawali
dengan pemberian salam
o
Guru
mengajak semua siswa berdoa bersama.
o
Guru
melakukan presensi siswa
o
Guru
menjelaskan tentang tujuan dan materi pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
o
Guru
menjelaskan nama-nama komponen transmisi manual
o
Guru
menjelaskan fungsi masing-masing komponen transmisi manual
o
Guru
menjelaskan prinsip dasar sistem transmisi manual
o
Guru
menjelaskan spesifikasi dan penggunaan minyak pelumas manual
2.
Elaborasi
o
Guru
mengajak siswa untuk melakukan pengamatan langsung mengenai prinsip dasar dan
fungsi masing-masing komponen transmisi manual
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk bertanyajawab tentang transmisi manual
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk menyebutkan komponen-komponen transmisi manual
3.
Konfirmasi
o
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa atas keberhasilannya.
o
Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya pada materi yang belum dipahami.
o
Guru
membantu menyelesaikan persoalan/hal yang belum dipahami oleh siswa.
3.
Kegiatan
Akhir
o
Merangkum/membuat
kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
o
Guru
memberikan tugas tes/praktek kepada siswa seputar materi yang disampaikan.
o
Siswa
mengerjakan tugas/tes/praktek yang diberikan oleh guru.
E.
Alat /
Bahan / Sumber Belajar
1.
Jalius
Jama, dkk., Teknik Sepeda Motor Jilid 3
BSE, Dir.Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, DirJend Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah, DepdikNas, Jakarta, 2008.
2.
Tanpa
nama, Buku Petunjuk Service Yamaha, PT. YMKI, Jakarta, Tanpa tahun.
3.
Unit
sepeda motor.
4.
Hand
tools.
5.
Papan
tulis.
6.
Modul.
7.
Lembar
kerja siswa.
F.
Penilaian
1.
Test tertulis.
2.
Test
Praktikum.
3.
Observasi
dan checklist.
Mengetahui Wonosobo, 18 Juli 2016
Waka Kurikulum Guru
Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar