RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran :
Produktif Teknik Sepeda Motor
Kelas / Semester : XI / 4
Alokasi Waktu :
7 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Melakukan perbaikan sistem transmisi manual.
Kompetensi
Dasar : Memperbaiki gangguan sistem transmisi manual.
Indikator :
1. Perbaikan
transmisi manual dilakukan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau
sistem lainnya.
2. Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
3. Perbaikan
sistem transmisi manual dilakukan sesuai spesifikasi kendaraan mengenai metode
dan perlengkapan.
4. Data yang
tepat dilengkapi sesuai hasil pemeriksaan.
5. Seluruh
kegiatan perbaikan gangguan sistem transmisi manual dilakukan berdasarkan SOP,
UU K3L, peraturan perundang-undangan dan prosedur / kebijakan pabrik.
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan kegiatan belajar ini, siswa dapat:
1.
Siswa dapat mengidentifikasi gangguan transmisi manual.
2.
Siswa dapat melakukan perbaikan transmisi manual.
3.
Siswa memperoleh informasi teknik yang sesuai.
B. Materi
Pembelajaran
1.
Prinsip kerja transmisi manual.
2.
Prosedur pembongkaran dan perakitan.
3.
Prosedur perbaikan dan penyetelan komponen.
4.
Prosedur pengujian dan pengukuran komponen.
5.
Data
spesifikasi pabrik.
6.
Langkah
kerja perbaikan berdasarkan SOP, UU K3L dan prosedur / kebijakan pabrik.
C.
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Demontrasi
4.
Tanya jawab
5.
Penugasan/ praktik
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Kegiatan
Awal
o
Diawali
dengan pemberian salam
o
Guru
mengajak semua siswa berdoa bersama.
o
Guru
melakukan presensi siswa
o
Guru
menjelaskan tentang tujuan dan materi pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
o
Guru
menjelaskan cara mengidentifikasi gangguan sistem transmisi manual
o Guru menjelaskan prosedur pembongkaran
dan perakitan sistem transmisi manual
2.
Elaborasi
o
Guru
membimbing siswa cara mengidentifikasi gangguan
sistem transmisi manual
o
Guru
mengajak siswa mengemukakan pendapat mengenai cara pembongkaran dan perakitan sistem transmisi manual secara benar
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk bertanyajawab tentang transmisi manual.
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk menyebutkan komponen-komponen transmisi manual.
3.
Konfirmasi
o
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa atas keberhasilannya.
o
Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya pada materi yang belum dipahami.
o
Guru
membantu menyelesaikan persoalan/hal yang belum dipahami oleh siswa.
3.
Kegiatan
Akhir
o
Merangkum/membuat
kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
o
Guru
memberikan tugas tes/praktek kepada siswa seputar materi yang disampaikan.
o
Siswa
mengerjakan tugas/tes/praktek yang diberikan oleh guru.
Pertemuan 2
1.
Kegiatan
Awal
o
Diawali
dengan pemberian salam
o
Guru
mengajak semua siswa berdoa bersama.
o
Guru
melakukan presensi siswa
o
Guru
menjelaskan tentang tujuan dan materi pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
o Guru menjelaskan prosedur
perbaikan dan penyetelan komponen transmisi manual
o Guru menjelaskan prosedur
pengujian dan pengukuran komponen transmisi manual
2.
Elaborasi
o
Guru
membimbing siswa cara mengidentifikasi gangguan
sistem transmisi manual
o
Guru
mengajak siswa mengemukakan pendapat mengenai cara pembongkaran dan perakitan sistem transmisi manual secara benar
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk bertanyajawab tentang transmisi manual.
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk menyebutkan komponen-komponen transmisi manual.
3.
Konfirmasi
o
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa atas keberhasilannya.
o
Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya pada materi yang belum dipahami.
o
Guru
membantu menyelesaikan persoalan/hal yang belum dipahami oleh siswa.
3.
Kegiatan
Akhir
o
Merangkum/membuat
kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
o
Guru
memberikan tugas tes/praktek kepada siswa seputar materi yang disampaikan.
o
Siswa
mengerjakan tugas/tes/praktek yang diberikan oleh guru.
Pertemuan 3 - 11
1.
Kegiatan
Awal
o
Diawali
dengan pemberian salam
o
Guru
mengajak semua siswa berdoa bersama.
o
Guru
melakukan presensi siswa
o
Guru
menjelaskan tentang tujuan dan materi pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
o
Guru
menjelaskan cara mengidentifikasi gangguan sistem transmisi manual
o Guru menjelaskan prosedur
pembongkaran dan perakitan sistem transmisi manual
o Guru menjelaskan prosedur
perbaikan dan penyetelan komponen transmisi manual
o Guru menjelaskan prosedur
pengujian dan pengukuran komponen transmisi manual
2.
Elaborasi
o
Guru
membimbing siswa cara mengidentifikasi gangguan
sistem transmisi manual
o
Guru
mengajak siswa berpartisipasi secara langsung mengenai cara pembongkaran dan perakitan sistem transmisi manual secara benar
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk bertanyajawab tentang transmisi manual.
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk menyebutkan komponen-komponen transmisi manual.
3.
Konfirmasi
o
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa atas keberhasilannya.
o
Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya pada materi yang belum dipahami.
o
Guru
membantu menyelesaikan persoalan/hal yang belum dipahami oleh siswa.
3.
Kegiatan
Akhir
o
Merangkum/membuat
kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
o
Guru
memberikan tugas tes/praktek kepada siswa seputar materi yang disampaikan.
o
Siswa
mengerjakan tugas/tes/praktek yang diberikan oleh guru.
E.
Alat /
Bahan / Sumber Belajar
1.
Jalius
Jama, dkk., Teknik Sepeda Motor Jilid 3
BSE, Dir.Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, DirJend Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah, DepdikNas, Jakarta, 2008.
2.
Tanpa
nama, Buku Petunjuk Service Yamaha, PT. YMKI, Jakarta, Tanpa tahun.
3.
Unit
sepeda motor.
4.
Hand
tools.
5.
Papan
tulis.
6.
Modul.
7.
Lembar
kerja siswa.
F.
Penilaian
1.
Test tertulis.
2.
Test Praktikum.
3.
Observasi
dan checklist.
Mengetahui Wonosobo, 18 Juli 2016
Waka Kurikulum Guru
Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar