RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Produktif
Teknik Sepeda Motor
Kelas / Semester : XI / 4
Pertemuan ke : 5 – 6
Alokasi Waktu : 6 x @ 45
Menit ( 2 x pertemuan).
Standar Kompetensi : Melakukan perbaikan unit kopling berikut
komponen-komponen sistem
pengoperasiannya
Kompetensi Dasar : Mendiagnosis
gangguan pada sistem kopling berikut komponen pengoperasiannya
Indikator : 1. Pendiagnosisan unit
kopling dan komponen sistem pengoperasiannya dilaksanakan tanpa menyebabkan
kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
2. Informasi yang benar diakses dan spesifikasi
pabrik dan dipahami
3. Seluruh kegiatan
pendiagnosisan unit kopling dilaksanakan berdasarkan SOP, UUK3L, peraturan
perundang – undangan dan prosedur / kebijakan pabrik.
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan belajar ini, siswa dapat
:
1.
Memahami prinsip kerja
kopling
2.
Memahami prosedur
pendiagnosisan yang sesuai
3.
Memahami persyaratan
keamanan perlengkapan kerja dan persyaratan keamanan kendaraan
4.
Memahami kebijakan
pabrik yang sesuai dan persyaratan keselamatan diri
5.
Melaksanakan
pendiagnosisan unti kopling dan sistem pengoperasiannya.
B.
Materi Pembelajaran
1. Prinsip kerja kopling
2. Unit kopling dan komponen–komponen sistem pengoperasiannya.
3. Data spesifikasi pabrik dan urutan pendiagnosisan unit kopling
berdasarkan SOP, UUK3L, peraturan dan prosedur / kebijakan pabrik.
C.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Demonstrasi
4.
Pemberian tugas/praktek.
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke-5
1.
Kegiatan Awal
o
Guru mengajak semua siswa berdoa bersama.
o
Guru melakukan presensi siswa
o
Guru menjelaskan tentang tujuan dan materi pembelajaran
yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
o
Guru menjelaskan tentang prinsip kerja kopling.
2.
Elaborasi
o
Guru memfasilitasi siswa untuk bertanyajawab tentang
prinsip kerja kopling.
3.
Konfirmasi
o
Guru memberikan apresiasi kepada siswa atas
keberhasilannya.
o
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya pada
materi yang belum dipahami.
o
Guru membantu menyelesaikan persoalan/hal yang belum
dipahami oleh siswa.
3.
Kegiatan Akhir
o
Merangkum/membuat kesimpulan dari materi yang telah
disampaikan.
o
Siswa mengerjakan tugas tes/praktek tentang materi yang
disampaikan.
Pertemuan ke-6
1.
Kegiatan Awal
1.
Guru mengajak semua siswa berdoa bersama.
2.
Guru melakukan presensi siswa
3.
Guru menjelaskan tentang tujuan dan materi pembelajaran
yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
o Guru menjelaskan unit kopling dan komponen-komponen
system pengoperasiannya.
o Guru menjelaskan data spesifikasi pabrik
dan urutan pendiagnosisan unit kopling berdasarkan SOP, UUK3L, peraturan dan
prosedur / kebijakan pabrik.
2.
Elaborasi
o
Guru mengajak siswa menyebutkan kembali unit
kopling dan komponen system pengoperasiannya dalam sepeda motor.
o
Guru mengajak siswa bertanyajawab tentang data spesifikasi pabrik dan urutan
pendiagnosisan unit kopling berdasarkan SOP, UUK3L, peraturan dan prosedur /
kebijakan pabrik.
3.
Konfirmasi
o
Guru memberikan apresiasi kepada siswa atas
keberhasilannya.
o
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya pada
materi yang belum dipahami.
3.
Kegiatan Akhir
o
Merangkum/membuat kesimpulan dari materi yang telah
disampaikan.
o
Siswa mengerjakan tugas /tes/praktek yang diberikan oleh
guru.
E.
Alat / Bahan / Sumber
Belajar
1.
Jalius Jama, dkk., Teknik Sepeda Motor Jilid 3 BSE, halaman 319 – 333,
Dir.Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, DirJend Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah, DepdikNas, Jakarta, 2008.
2.
Tanpa nama, Buku Petunjuk Service Yamaha Jupiter Z hal 4-49 – 4-54, PT. YMKI, Jakarta, Tanpa tahun.
3.
Tanpa nama, Buku Service Manual Yamaha Vega R hal 138, PT. YMKI, Jakarta, Tanpa tahun
4.
Unit
sepeda motor.
5.
Hand
tools.
6.
Papan
tulis.
7.
Modul.
F.
Penilaian
1. Test tertulis.
2. Test
Praktikum.
3. Hasil
kerja.
G. Pedoman
Penilaian
NO
|
KETERCAPAIAN INDIKATOR
|
SKOR
|
JUMLAH SKOR
|
1
|
Penilaian
Hasil Kerja
|
50
50
|
…………….
…………….
|
Jumlah
|
100
|
…………….
|
Mengetahui Wonosobo, 18 Juli 2016
Waka Kurikulum Guru
Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar