pembahasan :
gambar tersebut adalah alternator sepeda motor.
Alternator terdiri dari 2 komponen utama yaitu rotor dan stator.
1. rotor yaitu komponen yang bergerak, terdapat magnit permanen
yang berfungsi untuk menginduksi kumparan sehingga timbul GGL
2. stator yaitu kumparan yang diam / tidak bergerak, terdiri dari
besi lunak yang dililit kawat email (disebut sebagai spool / kumparan)
berfungsi untuk menghasilkan Gaya Gerak Listrik yang selanjutnya dimanfaatkan
untuk keperluan sepeda motor
Kompresor udara adalah alat yang berfungsi untuk
menghasilkan udara bertekanan tinggi, pada kompresor terdapat tabung yang
berfungsi untuk menampung udara bertekanan dan menstabilkan tekanan udara terutama
pada pekerjaan pengecatan menggunakan kompresor. setelah digunakan sebaiknya
tabung compressor dikosongkan dengan cara membuka drain plug atau baut penguras
yang terletak di bagian bawah tabung bertujuan untuk mengeluarkan udara dan air
hasil dari pengendapan yang berasal dari uap air yang masuk bersama udara. Jika
hal ini tidak dilakukan dan apalagi kompresor tidak digunakan dalam waktu yang
lama, air akan dapat memicu timbulnya karat yang berakibat tangki menjadi
bocor.
Pembahasan :
Pembahasan :
Gambar diatas adalah simbol dari kapasitor yang
berfungsi untuk menyimpan arus listrik yang sifatnya hanya sementara. Sedangkan
komponen kelistrikan yang mampu menyimpan arus listrik dalam jangka waktu yang relative
lama yaitu baterai atau accumulator / aki
Pembahasan :
Gambar diatas adalah gambar pemeriksaan komponen
piston yaitu pengukuran gap atau celah antara ring piston dengan alur piston. Sebaiknya
gap tidak boleh melebihi batas / limit. Jika gap sudah melebihi batas biasanya
akan menimbulkan suara dan kebocoran kompresi maupun kebocoran pelumas / oli
1 2 3 4 SALDAMedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar