Pilihan Ganda
1. Alternator – breaker point (platina) – condensor – ignition
switch – ignition coil – busi
komponen
tersebut digunakan pada system pengapian jenis….
a.
pengapian AC CDI
b.
pengapian DC CDI
c.
pengapian konvensional
d.
pengapian transistor
e.
EFI
2. Alternator – pulser – CDI – ignition switch – ignition coil –
busi
komponen
tersebut digunakan pada system pengapian jenis….
a.
pengapian AC CDI
b.
pengapian DC CDI
c.
pengapian konvensional
d.
pengapian transistor
e.
EFI
3. Baterai – ignition switch – CDI– pulser – ignition coil – busi
komponen
tersebut digunakan pada system pengapian jenis….
a.
pengapian AC CDI
b.
pengapian DC CDI
c.
pengapian konvensional
d.
pengapian transistor
e.
EFI
4. Fungsi dari generator pulsa / pulser adalah….
a.
Sumber arus listrik
b.
Hambatan alternator
c.
Mengirimkan sinyal waktu pengapian ke CDI
d.
Merubah sinyal waktu pengapian
e. Mengurangi
getaran pada fly wheel (balancer)
5. CDI adalah singkatan dari….
a.
Channel Dioda Indicator
b.
Capasitive Discharge Ignore
c.
Capasitive Discharge Ignition
d.
Caution Discharge Ignore
e. Capasitive
Discharge Indication
6. Besarnya tegangan listrik yang dihasilkan oleh ignition coil
adalah….
a. ± 12 V
b. ± 15 KV
c. ± 70 KV
d. ± 25 V
e. ± 15 V
7. Berapakah ukuran celah busi….
a.
0,05 mm
b.
0,1 mm
c.
0,7 mm
d.
1,5 mm
e.
1,7 mm
8.
Kode busi C
7 HSA, apa arti dari huruf ’C’.....
a.
Busi panas
b.
Panjang ulir
c.
Bahan baku busi
d.
Special design
e.
Ukuran diameter baut
9.
Apa nama alat yang digunakan untuk mengukur waktu
pengapian....
a. Timing swat
b. Timing light
c. Timing sensor
d. Light meter
e. Multi tester
10.
Pada pemeriksaan sistem pengapian sepeda motor,
didapati busi tidak memercikkan bunga api selanjutnya kabel busi juga tidak
memercikkan bunga api sedangkan CDI dapat mengalirkan tegangan listrik ke coil
ignition, maka kesimpulannya adalah....
a. Busi mati
b. Ignition coil mati
c. Alternator terbakar
d. Regulator rectifier
rusak
e. Pulser mati
11.
Bagaimana cara mengukur hambatan pada kumparan sekunder
ignition coil….
a.
menggunakan ohm meter, probe 1 ditempelkan pada
kabel busi dan probe 2 pada masa ignition coil
b.
menggunakan ohm meter, probe 1 ditempelkan pada
kabel busi dan probe 2 pada kabel positif
c.
menggunakan volt meter, probe 1 ditempelkan pada
kabel positif dan probe 2 pada masa ignition coil
d.
menggunakan ampere meter, probe 1 ditempelkan pada
kabel positif dan probe 2 pada kabel busi
e.
menggunakan ohm meter, probe 1 ditempelkan pada
kabel positif dan probe 2 pada masa ignition coil
12.
Bagaimana cara pengukuran besarnya hambatan pada kumparan primer
ignition coil ….
a.
menggunakan ohm meter, probe 1 ditempelkan pada
kabel busi dan probe 2 pada masa ignition coil
b.
menggunakan ohm meter, probe 1 ditempelkan pada
kabel busi dan probe 2 pada kabel positif
c.
menggunakan volt meter, probe 1 ditempelkan pada
kabel positif dan probe 2 pada masa ignition coil
d.
menggunakan ampere meter, probe 1 ditempelkan pada
kabel positif dan probe 2 pada kabel busi
e.
menggunakan ohm meter, probe 1 ditempelkan pada
kabel positif dan probe 2 pada masa ignition coil
13.
Bagaimana urutan pemeriksaan komponen pengapian
tipe AC CDI, jika busi tidak memercikkan bunga api….
a. busi, ignition coil,
CDI, ignition switch, pulser, alternator
b. busi, ignition coil,
CDI, ignition switch, pulser, rectifier
c. busi, ignition coil,
CDI, rectifier, pulser, alternator
d. busi, pulser,
ignition coil, CDI, ignition switch, alternator
e.
busi, pulser, ignition coil, ignition
switch, alternator, CDI
14.
Bagaimana urutan pemeriksaan komponen pengapian
tipe DC CDI, jika busi tidak memercikkan bunga api….
a. busi, ignition coil,
CDI, ignition switch, pulser, baterai
b. busi, ignition coil,
CDI, ignition switch, pulser, rectifier
c. busi, ignition coil,
CDI, rectifier, pulser, baterai
d. busi, pulser,
ignition coil, CDI, ignition switch, alternator
e.
busi, pulser, ignition coil, ignition
switch, alternator, CDI
15.
bagaimana urutan pemeriksaan komponen pengapian
tipe konvensional, jika busi tidak memercikkan bunga api….
a. busi, ignition coil, breaker point, condensor, ignition switch,
alternator
b. busi, ignition coil, breaker point, ignition switch, condensor,
rectifier
c. busi, ignition coil, breaker point, rectifier, pulser,
alternator
d. busi, pulser, ignition coil, breaker point, ignition switch,
alternator
e. busi, pulser, ignition coil, ignition switch, alternator, breaker point
16. Untuk mengisi kembali energi listrik pada battery yang telah
terpakai, sehingga battery selalu dalam kondisi penuh fungsi dari….
a. Alternator
b. Rectifier
c. Sistem pengisian
d. Sistem pengapian
e. Kiprok
17. Komponen sistem pengisian pada sepeda motor terdiri dari….
a. Alternator, regulator, busi, baterai
b. Alternator, rectifier, sekring, baterai
c. Alternator, regulator rectifier, baterai
d. Alternator, regulator rectifier, sekring
e. Kiprok, sekring, baterai
18. Pada sepeda motor terdapat komponen yang mampu merubah gerak
putar menjadi energi listrik yaitu….
a. Alternator
b. regulator rectifier
c. sekring
d. Kiprok
e. baterai
19. Tegangan listrik yang dihasilkan alternator berupa….
a. Tegangan DC
b. Tegangan AC
c. Tegangan tidak beraturan
d. Tegangan tinggi
e. Tegangan campuran
20. Didalam
alternator terdapat kumparan / lilitan kawat, apa nama kawat tersabut….
a. Kawat begel
b. Kawat bendrat
c. Kawat nikelin
d. Kawat email
e. Kawat baja
21. Besar kecilnya
tegangan listrik alternator tergantung dari….
a. Kecepatan putaran mesin, kecepatan putaran stator
b. Kekuatan medan magnet, jumlah lilitan kawat
c. Kecepatan kumparan, jumlah lilitan kawat
d. Warna kumparan, warna lilitan kawat
e. jumlah lilitan kawat, warna lilitan kawat
22. Komponen kelistrikan apakah yang menerapkan proses induksi pada
sepeda motor :
a. flasher
b. accumulator
c. Regulator/rectifier
d. Alternator
e. Motor listrik
23. Warna kabel
spool pengisian adalah….
a. Kuning
b. Hijau
c. Hitam
d. Merah
e. putih
24. Kabel warna hijau pada alternator berfungsi
untuk….
a. Kabel pengisian
b. Kabel penerangan
c. Kabel massa
d. Kabel baterai
e. Kabel starter
25. Berikut ini
adalah bagian dari komponen alternator sepeda motor bebek yang tidak ikut
berputar….
a. Magnit, spool
b. Kumparan, flywheel
c. Roda gila, lilitan kawat
d. Besi inti, kumparan
e. Besi inti, magnit
26. Alat yang
digunakan untuk memeriksa alternator pada saat mesin menyala….
a. Ampere meter
b. Volt meter
c. Ohm meter
d. Higro meter
e. stetoskop
27. Untuk mengetahui kontinuitas kumparan alternator menggunakan
alat….
a. Ampere meter
b. Volt meter
c. Ohm meter
d. Higro meter
e. stetoskop
28.
Gambar di atas adalah grafik tegangan pembangkit
listrik alternator….
a. 1 phasa
b. 2 phasa
c. 3 phasa
d. 4 phasa
e. 5 phasa
29. Penyearah yang digunakan pada sepeda motor keluaran lama (jadul)
adalah….
a. Rectifier
b. Regulator
c. SCR
d. Kuprox
e. Dioda
30. Kegunaan dari rectifier adalah….
a. Membatasi tegangan
b. Merubah tegangan AC menjadi DC
c. Merubah tegangan DC menjadi AC
d. Membatasi arus listrik
e. Mengurangi tegangan listrik
Isian
- Jelaskan pengertian sistem pengapian !
- Buatlah gambar wiring diagram sistem pengapian yang menggunakan DC CDI !
- Kode busi ‘ U 22 FS-U ‘ jelaskan artinya !
- Bagaimana cara kerja regulator rectifier, jelaskan !
- Pada saat melakukan pengisian tegangan baterai menggunakan baterai charger, sebaiknya tutup baterai pada tiap-tiap sel dibuka, berikan alasannya !
Good
BalasHapusKunci jawaban
BalasHapusada setelah soal silahkan klik link nya, tapi maaf baru sebagian on proses
BalasHapusNo 21 sampai 30 mana jawabannya
Hapusjawabannya dmn
BalasHapusini jawabannya https://salda051011.blogspot.com/2019/11/pengapian-tipe-konvensional-pada-sepeda.html
HapusNomor 21 sampai 30 mna ni jawabanya
BalasHapusCara liat jawabannya gimana bang
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusmohon maaf ada beberapa komentar yang saya hapus karena mengandung perkataan yang kurang baik, berkomentarlah dengan bijak layaknya seorang pelajar 🙏👍😊
BalasHapus