Dalam
bahasa teknik otomotif sepeda motor, pulser juga disebut dengan generator pulsa,
pick up coil, dan spul pulser (namanya banyak ya kaya teroris aja).
Pulser
berada pada blok mesin sebelah kiri untuk motor bebek dan sport, dan blok mesin
sebelah kanan untuk motor matic
Pulser
berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke CDI berupa sinyal waktu pengapian. Sinyal
listrik dari pulser dikirimkan ke CDI kemudian sinyal tersebut digunakan oleh
CDI sebagai patokan waktu pengapian kapan busi harus menyala.
Spul
pulser berupa kotakan kecil biasanya berwarna hitam, didalamnya terdapat
lilitan kawat halus berdiameter kurang lebih 0,1mm. Dilihat dari jumlah
kabelnya terdapat dua jenis pulser yaitu pulser dengan dua kabel dan pulser
dengan satu kabel. Pulser dengan dua kabel biasanya digunakan pada sepeda motor
Yamaha (warna pink dan putih) sedangkan pulser dengan satu kabel digunakan pada
sepeda motor Honda dan Suzuki (warna biru dengan strip kuning).
Pulser
merupakan salah satu komponen utama pada sistem pengapian sepeda motor, apabila
pulser bermasalah maka sepeda motor akan mbrebet bahkan lebih parah lagi motor
tidak menyala karena busi tidak memercikkan bunga api.
Cara
memeriksa pulser dapat dilakukan menggunakan ohm meter / avo meter, siapkan avo
meter arahkan selector pada skala X 100, tempelkan probe (+) pada kabel utama
pulser (warna ping pada pulser Yamaha / warna biru strip kuning pada pulser Honda,
Suzuki), kemudian probe (-) pada kabel kedua pulser (warna putih pada pulser Yamaha
/ bodi pulser atau blok mesin pada Honda dan Suzuki) cari bagian blok mesin
yang tidak dicat. Amati hasil pengukuran pada ohm meter, apabila jarum ohm
meter tidak bergerak maka pulser putus dan segera ganti baru, apabila hasil
pengukuran 400 ohm maka pulser normal, begitu juga jika hasil pengukuran
melebihi atau kurang dari 400 ohm pulser juga sebaiknya di lem biru dilempar
& beli baru.
Berdasarkan
uraian di atas maka jawaban untuk soal pemeliharaan kelistrikan sepeda motorkelas XI tsm NO 4 adalah : C mengirimkan sinyal waktu pengapian ke CDI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar