Sistem pengapian yang digunakan pada sepeda
motor lama (jadul) adalah menggunakan pengapian tipe konvensional, tipe
pengapian ini masih sangat sederhana, tidak seperti pengapian yang digunakan
pada sepeda motor jaman sekarang yang lebih canggih yaitu sistem pengapian yang
terintegrasi dengan sistem injeksi bahan bakar dan semuanya dikendalikan oleh satu
komponen yang disebut sebagai control unit.
Sistem pengapian konvensional digunakan
pada sepeda motor lama baik 2 tak maupun 4 tak. Komponen sistem pengapian pada
sepeda motor yang menggunakan pengapian tipe konvensional terdiri dari :
alternator, breaker point (platina), condensor, ignition switch, ignition coil,
dan busi dimana tiap – tiap komponen tersebut memiliki tugas dan fungsi masing –
masing
Fungsi komponen sistem pengapian
konvensional :
1. Alternator
Berfungsi sebagai pembangkit listrik
yang selanjutnya tegangan listrik yang dihasilkan berguna untuk sumber listrik sistem
pengapian yang bermuara pada busi.
2. Platina (breaker point)
Platina adalah komponen semacam saklar
yang terbuat dari logam platina, komponen ini berfungsi untuk menghubungkan dan
memutuskan arus listrik dari kumparan primer coil menuju masa supaya terjadi
induksi di dalam ignition coil sehingga menghasilkan tegangan tinggi untuk
menyalakan busi.
3. Condensor
Condensor merupakan komponen elektronik
yang berfungsi sebagai penyimpan arus listrik sementara dan mengurangi percikan
bunga api pada platina (breaker point)
4. Ignition switch
Istilah lain dari ignition switch
adalah kunci kontak, pada sistem pengapian konvensional kunci kontak berfungsi
untuk memutus dan menghubungkan tegangan listrik dari alternator (kumparan
pengapian) ke masa, pada saat kunci kontak “OFF” kabel kumparan pengapian dihubungkan
oleh kunci kontak ke masa sehingga tegangan listrik yang dihasilkan kumparan
pengapian dibuang ke masa dan akhirnya tidak terjadi proses pengapian. Sedangkan
pada posisi “ON” kabel dari kumparan pengapian tidak terhubung ke masa sehingga
tegangan listrik bisa diteruskan ke coil dan platina dan selanjutnya terjadilah
proses pengapian.
5. Ignition coil
Sering disebut dengan sebutan coil,
terdiri dari kumparan primer dan kumparan sekunder. Coil berfungsi untuk
menaikkan tegangan listrik dari alternator yang tidak terlalu besar menjadi
tegangan listrik yang sangat besar sekitar kurang lebih 20.000volt untuk
menyalakan busi sepeda motor
6. Busi
Busi (sparkplug) adalah komponen
pengapian yang berfungsi untuk merubah tegangan listrik yang dihasilkan oleh
ignition coil menjadi percikan bunga api untuk proses pembakaran campuran udara
dan bahan bakar di dalam ruang bakar sepeda motor.
Berdasarkan uraian di atas maka jawaban
untuk soal pemeliharaan kelistrikan sepeda motor kelas XI tsm NO 1 adalah : C
pengapian konvensional
Grand Bay Hotel and Casino - Mapyro
BalasHapusGet directions, reviews and information for 제주도 출장샵 Grand Bay Hotel and Casino 수원 출장안마 in 밀양 출장마사지 Bayline, 의왕 출장안마 MS. Grand Bay 김천 출장안마 Hotel & Casino is located in a rural area, just 2.5 miles from Rating: 3.7 · 21 reviews · Price range: $50 and over