SENTER TANPA BATERAI

SENTER TANPA BATERAI
CARA BUAT SENTER TANPA BATERAI | KLIK DI GAMBAR...

28 November 2019

Pengapian tipe DC CDI pada sepeda motor, pembahasan soal tbsm / tsm


Sebelum melanjutkan pembahasan ini saya sarankan untuk membaca artikel sebelumnya tentang sistem pengapian AC CDI, bagi anda yang belum membacanya ini linknya sistem pengapian AC CDI

Selanjutnya  tentang sistem pengapian tipe DC CDI pada sepeda motor memiliki kemiripan dengan sistem pengapian AC CDI, yang membedakan adalah pada sumber tegangan listrik yang digunakan. Tegangan listrik AC untuk sistem AC CDI dan tegangan DC untuk sistem pengapian DC CDI.

Karena memiliki perbedaan pada sumber tegangan listriknya, maka komponennya juga ada sedikit perbedaan. Komponen sistem pengapian pada sistem pengapian DC CDI terdiri dari : baterai, fuse, ignition switch, CDI, pulser, ignition coil, busi.

1. Baterai
Pada sistem pengapian DC CDI sepeda motor, baterai berfungsi sebagai sumber tegangan listrik sistem pengapian. Biasanya baterai yang digunakan pada sistem pengapian DC CDI adalah baterai dengan kapasitas tegangan 12 volt.

2. Fuse
Fuse atau sekring adalah komponen pengaman pada sistem pengapian yang berfungsi sebagai pengaman yaitu memutuskan arus listrik manakala terjadi hubung singkat atau konsleting pada rangkaian sistem pengapian DC CDI.

3. Ignition switch
Ignition switch atau kunci kontak berfungsi untuk menghubungkan dan memutus tegangan listrik dari baterai menuju ke DC CDI. Pada posisi kunci kontak “ON” maka tegangan listrik mengalir menuju DC CDI dan sebaliknya pada posisi “OFF” tegangan listrik dari baterai tidak terhubung ke DC CDI sehingga sistem pengapian DC CDI tidak bekerja.

4. DC CDI
DC CDI adalah controller pada sistem pengapian sama seperti pada tipe AC CDI, hanya saja berbeda pada jenis tegangan listrik yang bekerja di dalamnya. Fungsi utama dari CDI adalah untuk mengatur sistem pengapian terkait dengan penyalaan busi untuk proses pembakaran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.

5. Pulser, ignition coil, busi
Untuk komponen pulser, ignition coil dan busi pada sistem pengapian DC CDI memiliki fungsi yang sama seperti pada sistem pengapian AC CDI, untuk lebih jelasnya silahkan anda bisa membukanya kembali ini linknya klik disini....

Berdasarkan uraian di atas maka jawaban untuk soal pemeliharaan kelistrikan sepeda motor kelas XI tsm NO 3 adalah : B pengapian DC CDI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar