Sebelum
melanjutkan pembahasan ini saya sarankan untuk membaca artikel sebelumnya
tentang sistem pengapian AC CDI, bagi anda yang belum membacanya ini linknya sistem pengapian AC CDI.
Selanjutnya tentang sistem pengapian tipe DC CDI pada
sepeda motor memiliki kemiripan dengan sistem pengapian AC CDI, yang membedakan
adalah pada sumber tegangan listrik yang digunakan. Tegangan listrik AC untuk
sistem AC CDI dan tegangan DC untuk sistem pengapian DC CDI.
Karena
memiliki perbedaan pada sumber tegangan listriknya, maka komponennya juga ada
sedikit perbedaan. Komponen sistem pengapian pada sistem pengapian DC CDI
terdiri dari : baterai, fuse, ignition switch, CDI, pulser, ignition coil, busi.
1.
Baterai
Pada
sistem pengapian DC CDI sepeda motor, baterai berfungsi sebagai sumber tegangan
listrik sistem pengapian. Biasanya baterai yang digunakan pada sistem pengapian
DC CDI adalah baterai dengan kapasitas tegangan 12 volt.
2.
Fuse
Fuse
atau sekring adalah komponen pengaman pada sistem pengapian yang berfungsi
sebagai pengaman yaitu memutuskan arus listrik manakala terjadi hubung singkat
atau konsleting pada rangkaian sistem pengapian DC CDI.
3.
Ignition switch
Ignition
switch atau kunci kontak berfungsi untuk menghubungkan dan memutus tegangan
listrik dari baterai menuju ke DC CDI. Pada posisi kunci kontak “ON” maka
tegangan listrik mengalir menuju DC CDI dan sebaliknya pada posisi “OFF”
tegangan listrik dari baterai tidak terhubung ke DC CDI sehingga sistem
pengapian DC CDI tidak bekerja.
4.
DC CDI
DC
CDI adalah controller pada sistem pengapian sama seperti pada tipe AC CDI,
hanya saja berbeda pada jenis tegangan listrik yang bekerja di dalamnya. Fungsi
utama dari CDI adalah untuk mengatur sistem pengapian terkait dengan penyalaan
busi untuk proses pembakaran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.
5.
Pulser, ignition coil, busi
Untuk
komponen pulser, ignition coil dan busi pada sistem pengapian DC CDI memiliki
fungsi yang sama seperti pada sistem pengapian AC CDI, untuk lebih jelasnya
silahkan anda bisa membukanya kembali ini linknya klik disini....
Berdasarkan uraian di atas maka jawaban untuk soal pemeliharaan kelistrikan sepeda motor kelas XI tsm NO 3 adalah : B pengapian DC CDI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar