SENTER TANPA BATERAI

SENTER TANPA BATERAI
CARA BUAT SENTER TANPA BATERAI | KLIK DI GAMBAR...

30 November 2019

Pulser sepeda motor , pembahasan soal kelistrikan tbsm kelas XI


Dalam bahasa teknik otomotif sepeda motor, pulser juga disebut dengan generator pulsa, pick up coil, dan spul pulser (namanya banyak ya kaya teroris aja).

Pulser berada pada blok mesin sebelah kiri untuk motor bebek dan sport, dan blok mesin sebelah kanan untuk motor matic


Pulser berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke CDI berupa sinyal waktu pengapian. Sinyal listrik dari pulser dikirimkan ke CDI kemudian sinyal tersebut digunakan oleh CDI sebagai patokan waktu pengapian kapan busi harus menyala.

Spul pulser berupa kotakan kecil biasanya berwarna hitam, didalamnya terdapat lilitan kawat halus berdiameter kurang lebih 0,1mm. Dilihat dari jumlah kabelnya terdapat dua jenis pulser yaitu pulser dengan dua kabel dan pulser dengan satu kabel. Pulser dengan dua kabel biasanya digunakan pada sepeda motor Yamaha (warna pink dan putih) sedangkan pulser dengan satu kabel digunakan pada sepeda motor Honda dan Suzuki (warna biru dengan strip kuning).

Pulser merupakan salah satu komponen utama pada sistem pengapian sepeda motor, apabila pulser bermasalah maka sepeda motor akan mbrebet bahkan lebih parah lagi motor tidak menyala karena busi tidak memercikkan bunga api.

Cara memeriksa pulser dapat dilakukan menggunakan ohm meter / avo meter, siapkan avo meter arahkan selector pada skala X 100, tempelkan probe (+) pada kabel utama pulser (warna ping pada pulser Yamaha / warna biru strip kuning pada pulser Honda, Suzuki), kemudian probe (-) pada kabel kedua pulser (warna putih pada pulser Yamaha / bodi pulser atau blok mesin pada Honda dan Suzuki) cari bagian blok mesin yang tidak dicat. Amati hasil pengukuran pada ohm meter, apabila jarum ohm meter tidak bergerak maka pulser putus dan segera ganti baru, apabila hasil pengukuran 400 ohm maka pulser normal, begitu juga jika hasil pengukuran melebihi atau kurang dari 400 ohm pulser juga sebaiknya di lem biru dilempar & beli baru.

Berdasarkan uraian di atas maka jawaban untuk soal pemeliharaan kelistrikan sepeda motorkelas XI tsm NO 4 adalah : C mengirimkan sinyal waktu pengapian ke CDI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar