1. Suara noise/berdecit pada cvt bisa disebabkan
karena v-belt kotor, untuk membersihkannya bisa dilakukan dengan cara
menyemprotkan cairan v-belt cleaner tanpa membongkar cover cvt. Kunci jawaban ”c”
2. Pulley primer bisa disebut juga sebagai drive
pulley, terpasang pada bagian poros engkol. Pada pulley primer terdapat
beberapa komponen diantaranya :
1) Cam
2) Slider
3) Weight/roller
4) Primary sliding sheave
5) Primary fixed sheave
6) Collar
Kunci jawaban ”a”
3.Kepanjangan dari CVT adalah Continuously variable transmission. Merupakan transmisi
otomatis yang mana perubahan kecepatannya terjadi secara halus dan berkesinambungan.
4.Kopling centrifugal pada sepeda motor transmisi manual
terletak pada bagian pulley sekunder / driven pulley, kopling centrifugal terpasang
pada pulley sekunder dan di depannya terdapat clutch housing yang terhubung
dengan gear reduksi roda belakang. Pada saat putaran rendah kanvas kopling
belum mengembang sehingga kopling masih dalam keadaan bebas, selanjutnya jika
putaran mesin bertambah tinggi maka kanvas kopling centrifugal akan mengembang
sehingga putaran pulley sekunder akan diteruskan ke rumah kopling (clutch
housing) sehingga roda belakang berputar. Kunci jawaban ”e”
5.Jika piringan pulley
secondary semakin melebar, maka diameter v-belt pada pulley akan
semakin kecil dan putaran roda semakin tinggi namun demikian torsi roda
belakang menjadi lebih rendah. Kunci jawaban “b”
6.Slider adalah salah satu komponen
cvt pada bagian pulley primer. Berada diantara komponen cam cvt dan primary
sliding sheave (pulley bergerak) berfungsi sebagai peredam gesekan maupun
benturan yang terjadi diantara kedua komponen tersebut. Kunci jawaban “a”
7.Pulley sekunder bisa disebut juga sebagai
driven pulley, terpasang pada bagian belakang cvt. Pada pulley sekunder
terdapat beberapa komponen diantaranya :
1) Pulley tetap / secondary fixed sheave
2) Pulley bergerak / secondary sliding sheave
3) Torque cam
4) Pegas / spring
5) Clutch carrier
6) Clutch housing
Kunci jawaban ”c”
8.Urutan pemasangan komponen
pulley sekunder seperti pada gambar berikut :
Kunci jawaban “e”
9.
Penjelasan gambar kerja CVT di atas yaitu
cvt sedang berada pada putaran menengah dimana putaran puli primer bertambah,
gaya centrifugal pemberat semakin besar sehingga diameter puli primer berubah
kurang lebih sama dengan puli sekunder. Kunci jawaban ”a”
10.Torque cam adalah salah
satu komponen cvt yang terdapat pada pulley sekunder, torque cam berfungsi untuk
menaikkan torsi roda belakang pada saat menanjak maupun pada saat kendaraan
melakukan akselerasi secara spontan. Torque cam bekerja secara otomatis
berdasarkan besar kecilnya beban yang dialami oleh roda belakang. Sehingga apabila
kendaraan matic cvt tidak mampu mendaki dengan baik maka salah satu penyebabnya
adalah rusaknya komponen torque cam. Kunci jawaban “a”
nomer 3 jawabannya mana
BalasHapus