Alhamdulillah
atas segala nikmat yang telah kita dapatkan hari ini, saatnya berbagi lagi
untuk anda sekalian dimanapun berada. Sebentar lagi Penilaian Akhir Semester apakah
anda sudah siap menghadapinya ? jawabannya bisa no…. dan bisa yes…. Tergantung,
tergantung di cantelan ya….
Ya sudahlah
ndak usah basa – basi lagi and ndak usah pake lama, ini saya share bahan untuk
belajar kalian semua dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester gasal mata
pelajaran PMSM Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda
Motor Sekolah Menengah Kejuruan kelas XI TBSM, pada postingan kali ini saya
bagikan beberapa soal untuk persiapan PAS khususnya BAB 1 Perawatan Berkala
Mekanisme Katup.
Ini dia
soalnya…. Dan selamat belajar
1.Pada mekanisme katup tipe OHV, komponen apa saja yang meneruskan gerakan
menekan poros nok ke katup….
a. Tappet dan valve
lifter
b. Valve shim dan
bucket
c. Timing chain dan
pushrod
d. Tapped dan valve
shim
e. Valve lifter dan
pushrod
2.Mengapa ukuran
diameter katup hisap lebih besar dari pada katup buang….
a. Mengurangi emisi
gas buang
b. Campuran bahan
bakar dan udara masuk lebih banyak
c. Sisa gas
pembakaran lebih banyak dari pada gas baru
d. Memperbaiki
proses perambatan panas katup
e. Mengurangi efek
turbulensi yang tidak bermanfaat
3.Mekanisme katup
side valve sangat sederhana dibanding mekanisme OHV dan OHC, salah satu
kelebihan mekanisme katup SV adalah….
a. Sederhana karena
tidak menggunakan poros nok
b. Dapat dipasang
katup dengan ukuran yang lebih besar
c. Evisiensi
volumetrik dapat terpenuhi dengan sempurna
d. Tidak memerlukan
pegas katup
e.Kegagalan
mekanisme katup tidak merusak mekanisme torak
4.Ciri khas
mekanisme katup tipe OHV adalah….
a. Menggunakan
timing chain sebagai penggerak noken as
b. Ukuran mesinnya
lebih kecil daripada motor 2 tak
c. Tidak menggunakan
katup IN dan EX
d. Terdapat 4 katup
dalam setiap silinder
e. Menggunakan
pushrod pada mekanisme katupnya
5.Alat ukur yang
digunakan untuk melakukan penyetelan celah katup SOHC adalah….
a. Kunci L katup
b. Kunci ring 8
c. Kunci tutup klep
d. Vernier caliper
e. Feeler gauge
6.Pada saat
melakukan penyetelan celah katup SOHC, dimanakah posisi alat ukur celah katup
disisipkan….
a. Antara batang
katup dan poros nok
b. Antara poros nok
dan tappet
c. Antara poros nok
dan lifter
d. Antara rocker arm
dan batang katup
e. Antara batang
katup dan pegas katup
7.Komponen yang
perlu diganti saat menyetel celah katup mesin DOHC adalah….
a. Tapped
b. Valve rod
c. Timing valve
d. Valve shim
e. Valve lifter
8.Fungsi tensioner
pada mekanisme katup SOHC dan DOHC adalah….
a. Melindungi timing
chain
b. Menjaga
ketegangan timing chain
c. Mencegah timing
chain berputar balik
d. Mengurangi
gesekan
e. Memperpanjang
usia pakai katup IN dan EX
Seperti itulah
perkiraan soalnya, simak terus untuk materi selanjutnya. Masih ada 4 bab lagi
lho…. Sukur2 anda mau jadi follower SALDAMedia dengan klik tombol ikuti di
sebelah kanan atas blog ini untuk bisa selalu update
update soal selanjutnya klik disini untuk menuju soal PMSM materi BAB perawatan berkala sistem pelumasan.
update soal selanjutnya klik disini untuk menuju soal PMSM materi BAB perawatan berkala sistem pelumasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar