Pada umumnya
penyebab terjadinya ledakan pada knalpot (backfire), yaitu akibat campuran
bahan bakar dan udara yang tidak sempurna, terlalu miskin ataupun terlalu kaya.
1. Campuran
bahan bakar dan udara terlalu miskin, Yaitu kondisi dimana kandungan bensin
terlalu sedikit berbanding kandungan udara, idealnya 15:1 Karena terlalu sedikitnya bensin dalam
campuran yang masuk ke ruang bakar, membuat campuran tersebut sangat lambat,
bahkan tidak bisa terbakar oleh percikan busi. Akibatnya, saat katup buang
terbuka untuk proses pembuangan, bahan bakar yang belum sempat terbakar keluar
dan meledak di dalam knalpot. Salah satu penyebabnya bisa karena setelan
campuran idle terlalu miskin. Contoh lainnya : ketika kita mengendarai sepeda
motor dan lupa kran bensin masih dalam kondisi tertutup, maka jumlah bensin di
dalam karburator akan semakin berkurang dan ketika gas dilepas (deselerasi)
maka akan timbul ledakan di kenalpot.
2. Campuran
bahan bakar dan udara terlalu kaya, yaitu campuran dimana jumlah bahan bakar
lebih banyak dari jumlah seharusnya. Pembakaran yang sempurna akan terjadi jika
perbandingan campuran udara dan bahan bakarnya pas / sesuai. Jika campuran
terlalu kaya maka sebagian dari bahan bakar tidak semuanya terbakar, ada sebagaian
yang ikut terbuang ke knalpot. Karena suhu knalpot sudah panas maka bahan bakar
akan terbakar di dalam knalpot dan
menimbulkan suara ledakan. Contohnya ketika choke tidak menutup rapat maka akan
muncul ledakan dari kenalpot pada saat gas tangan dilepas (deselerasi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar