SENTER TANPA BATERAI

SENTER TANPA BATERAI
CARA BUAT SENTER TANPA BATERAI | KLIK DI GAMBAR...

21 November 2016

Komponen Utama Pada Sistem Injeksi Sepeda Motor




Sistem injeksi pada sepeda motor terdiri dari tiga komponen utama, yaitu sensor unit, control unit dan actuator
a.    Sensor unit
Terdiri dari beberapa sensor yang berfungsi untuk membaca atau mengetahui kondisi mesin dan selanjutnya melaporkan data informasi tersebut ke control unit. Semakin komplit sensor unit yang digunakan maka semakin baik kinerja sistem injeksi dan unjuk kerja mesin semakin optimal. Sensor unit terdiri dari :
1.    MAP (Manifold absolute pressure) sensor
2.    IAT (intake air temperature) sensor
3.    TP (Throttle Position) sensor;
4.    Engine oil temperature sensor;
5.    Crank sensor
6.    Bank angle sensor; merupakan sensor sudut kemiringan.

b.    Control unit ECU/ECM; menerima dan menghitung seluruh informasi/data yang diterima dari masing-masing sinyal sensor yang ada dalam mesin. Informasi yang diperoleh dari sensor antara lain berupa informasi tentang suhu udara, suhu oli mesin, suhu air pendingin, tekanan atau jumlah udara masuk, posisi katup throttle/katup gas, putaran mesin, posisi poros engkol, dan informasi yang lainnya. Pada umumnya sensor bekerja pada tegangan antara 0 volt sampai 5 volt. Selanjutnya ECU/ECM menggunakan informasi-informasi yang telah diolah tadi untuk menghitung dan menentukan saat (timing) dan lamanya injektor bekerja/menyemprotkan bahan bakar dengan mengirimkan tegangan listrik ke solenoid injektor. Pada beberapa mesin yang sudah lebih sempurna, disamping mengontrol injektor, ECU/ECM juga bisa mengontrol sistem pengapian.
c.    Actuator
Actuator terdiri dari beberapa komponen pekerja yang bertugas sebagai eksekutor atau pelaksana yang mendapatkan perintah dari control unit, yaitu :
1.    FID
2.    Fuel pump
3.    Injector
4.    Coil ignition
5.    Kipas pendingin radiator
6.    MIL

1 komentar: