Kompresor adalah peralatan yang berfungsi untuk menciptakan udara
bertekanan. Peralatan ini biasa digunakan di bengkel-bengkel otomotif guna
mengisi ban maupun untuk menyemprot guna membersihkan komponen.
Kompresor terdiri dari beberapa komponen:
1. Motor penggerak
Berfungsi untuk menggerakkan
kompresor, terdapat dua tipe yaitu motor listrik dan motor gasoline / diesel
2. Sabuk dan pulley
Berfungsi untuk meneruskan putaran
dari motor penggerak menuju kompresor udara
3. Engkol kompresor
Engkol pada kompresor berfungsi untuk mengubah gerak putar dari motor
penggerak menjadi gerak bolak balik pada torak. Engkol terbuat dari baja tempa
yang difinish dengan mesin, engkol dipasang pada bantalan yang dilumasi dengan cara sentrifugal atau dengan
sistem cincin
4. Torak kompresor
Torak berfungsi untuk mengisap
dan menekan udara atau gas di dalam silinder, torak terbuat dari bahan paduan
aluminium. Supaya tidak terjadi kebocoran antara torak dan silinder maka torak
dilengkapi dengan cincin torak.
5. Batang torak
Batang torak berfungsiuntuk
menghubungkan gerakan engkol ke torak melalui pena engkol dan pena torak,
batang torak ini biasanya terbuat dari baja tempa dan difinish dengan mesin.
Hubungan gerakan dari engkol ke torak dapat dilakukan secara langsung atau
tidak langsung yaitu melalui kepala silang.
6. Silinder
Silinder adalah tempat dimana
torak bekerja mengisap dan menekan fluida yaitu udara atau gas, silinder
terbuat dari besi tuang dengan dindingnya yang diha],uskan, dipoles dengan
mesin. Selama kompresorbekerja mengisap dan menekan fluida maka akan terjadi
panas, oleh karena itu silinder perlu didinginkan. Silinder dapat didinginkan
dengan air atau dengan udara. Untuk silinder yang didinginkan dengan udara maka
sekeliling bodi dari silinder pada bagian luar dilengkapi dengan sirip
pendingin dengan maksud untuk memperlancar perpindahan panas, sedangkan untuk
silinder yang didinginkan dengan air maka silinder tersebut dibuat berongga
yang berisi dengan air yang dapat
bersirkulasi, baik secara alam maupun dengan cara sirkulasi paksa,
yaitudengan pompa air pendingin.
7. Katup isap
berfungsi untuk mengatur pengisapan udara dari luar yang sebelumnya
disaring terlebih dahulu oleh filter udara
8. Katup keluar
berfungsi untuk mengatur penekanan udara oleh torak menuju ke tangki udara
9. Tangki udara
Berfungsi menampung udara bertekanan
dari kompresor
10.Saluran udara keluar/kran
udara
Mengatur aliran udara (buka dan tutup)
menuju ke air gun atau perangkat lain yang pengoperasiannya memanfaatkan udara
bertekanan dari kompresor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar