SENTER TANPA BATERAI

SENTER TANPA BATERAI
CARA BUAT SENTER TANPA BATERAI | KLIK DI GAMBAR...

21 November 2016

Cara kerja kopling manual Sepeda Motor




Kopling berfungsi Memutuskan dan meneruskan putaran poros engkol ke transmisi dengan lembut. Transmisi ada dua jenis, yaitu transmisi otomatis dan transmisi manual. Berikut ini adalah cara kerja transmisi manual pada sepeda motor
Pada saat kopling terhubung


plat kopling dan kanvas kopling dicekam oleh Clutch Center dan plat penekan/Pressure Plate yang ditahan oleh pegas. Semakin besar kekuatan pegas semakin erat kaitan antara plat kopling dengan kanvas kopling. Plat kopling selalu berhubungan dengan Clutch center dan kanvas kopling selalu berhubungan dengan outer clutch. Sebaliknya jika pegas terlalu lemah maka kaitan antara plat kopling dengan kanvas kopling kurang erat sehingga memungkinkan terjadinya slip kopling akibatnya tenaga motor berkurang dan kanvas kopling akan cepat habis karena gesekan dengan plat kopling.
Aliran tenaga :
Poros engkol ⇨ Primary Gear Outer Clutch Kanvas Kopling Plat Kopling Clutch Center Mainshaft Transmission.

Pada saat kopling bebas (handle kopling ditarik)
Dengan menekan handle kopling, Clutch Lifter akan menekan Lifter Plate dan Pressure Plate mengalahkan tegangan pegas(*), sehingga terdapat kerenggangan antara plat kopling dan kanvas kopling. Putaran mesin akan terputus dan tidak diteruskan ke Mainshaft Transmission.
(*) = kekuatan pegas berpengaruh pada handle kopling, semakin kuat pegas kopling, tarikan handle kopling semakin berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar