Apa
yang seharusnya anda lakukan jika sepeda motor anda mogok dan ternyata
penyebabnya adalah busi tidak menyala?
Busi
tidak menyala bukan berarti busi tersebut telah wafat atau mati, bisa jadi
kerusakan terjadi pada komponen pengapian lain sebelum busi. Bagaimanakah cara
mengetahuinya? Tentu saja kita harus mencari penyebabnya dengan cara dirunut
atau diurut sampai dengan sumbernya.
Sebelum
anda merunut sistem pengapian sepeda motor, terlebih dahulu anda pahami sistem
pengapian jenis apa yang digunakan pada sepeda motor tersebut, apakah AC CDI,
DC CDI, atau sistem injeksi.
Berikut
adalah pemeriksaan pada sistem pengapian AC CDI
Salah
satu ciri dari sistem pengapian AC CDI adalah tidak menggunakan baterai sebagai
sumber listriknya. Urutan pemeriksaan komponen dimulai dari pemeriksaan busi,
cap busi, tegangan listrik kabel busi, spool pengapian (alternator), CDI,ignition
switch, pulser, ignition coil. Temukan komponen apa yang tidak berfungsi dengan
baik kemudian ganti dengan yang masih normal
Berikutnya
adalah pemeriksaan pada sistem pengapian DC CDI
Salah
satu ciri dari sistem pengapian DC CDI adalah menggunakan baterai sebagai
sumber listriknya. Urutan pemeriksaan komponen dimulai dari pemeriksaan busi,
cap busi, tegangan listrik kabel busi, baterai, sekring, kunci kontak, CDI,
pulser, ignition coil. Temukan komponen apa yang tidak berfungsi dengan baik
kemudian ganti dengan yang masih normal
Berdasarkan
uraian di atas maka jawaban untuk Soal Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor
Kelas XI TSM
NO
13 adalah : A busi, ignition coil, CDI, ignition switch, pulser, alternator
(langsung dirunut dari busi sampai sumbernya, cara ini biasa digunakan oleh
mekanik bengkel bukan bengkel resmi)
NO
14 adalah : A busi, ignition coil, CDI, ignition switch, pulser, baterai (langsung
dirunut dari busi sampai sumbernya, cara ini biasa digunakan oleh mekanik
bengkel bukan bengkel resmi)
kunci jawabannya
BalasHapusbaca sampai akhir bro... di akhir artikel
Hapus