SENTER TANPA BATERAI

SENTER TANPA BATERAI
CARA BUAT SENTER TANPA BATERAI | KLIK DI GAMBAR...

15 Oktober 2019

Soal tentang transmisi otomatis ( cvt ) sepeda motor, Soal UN no 31 SMK TSM 2014 / 2015 Paket soal B, disertai dengan pembahasan


Soal :

Di bawah ini adalah akibat kerusakan komponen kopling pada sistem transmisi otomatis. Bila sepeda motor automatic mengalami unjuk kerja lemah pada kecepatan tinggi, maka penyebabnya adalah….

a.  Pegas clutch shoe patah
b.  Pegas driven face lemah
c.  Clutch shoe aus atau rusak
d.  Drive belt terlalu aus
e.  Weight rollers terlalu berat

Pembahasan :

Soal di atas menanyakan tentang kerusakan yang mungkin terjadi pada transmisi otomatis sepeda motor (cvt) dengan gejala sepeda motor tidak mampu mencapai kecepatan tinggi walaupun gas sudah ditarik penuh atau putaran tinggi. Gejala seperti ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada komponen cvt.


Mari kita kaji bersama jawaban multiple choice di atas, kira – kira jawaban mana yang paling tepat :

a.  Pegas clutch shoe patah
Pegas clutch shoe adalah komponen pada kopling otomatis cvt yang berfungsi untuk mengembalikan posisi sepatu kopling pada posisi semula setelah mengembang pada putaran menengah dan putaran tinggi. Apabila pegas clutch shoe patah maka sepatu kopling akan selalu dalam posisi mengembang sehingga kopling akan terkopel / terhubung terus walaupun dalam putaran rendah sekalipun sehingga roda akan cenderung berputar walaupun mesin masih berada pada putaran idle. Jadi patahnya pegas kopling tidak berpengaruh pada melemahnya unjuk kerja pada kecepatan tinggi

b.  Pegas driven face lemah
Pegas driven face adalah komponen cvt yang terletak pada bagian pulley belakang / pulley sekunder / driven pulley. Pegas driven face bertugas menekan secondary sliding sheave / pulley bergerak bagian belakang. Pegas driven face berfungsi untuk menekan pulley bergerak sehingga pulley akan cenderung menyempit terutama pada saat mesin berada pada putaran rendah. Semakin besar kekuatan pegas maka pulley belakang akan cenderung lebih menyempit sehingga diameter tumpuan v-belt pada pulley belakang berada pada diameter terbesar, akibatnya torsi roda belakang lebih besar, seandainya diibaratkan motor manual pada gigi kecil. Sebaliknya jika pegas terlalu lemah pulley belakang akan lebih cepat melebar, diameter tumpuan v-belt pada pulley belakang berada pada diameter kecil atau menggunakan gigi besar pada motor manual. Jadi jawabannya bukan ini “b”

c.  Clutch shoe aus atau rusak
Clutch shoe / kanvas kopling centrifugal, apabila kanvas kopling aus maka akibatnya kopling tidak bisa terkopling dengan sempurna dengan kata lain selip kopling sehingga tenaga dari mesin tidak bisa 100% diteruskan ke roda baik pada putaran rendah maupun putaran tinggi. Dengan demikian sepeda motor tidak mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

d.  Drive belt terlalu aus
Drive belt / v-belt adalah komponen cvt yang berfungsi untuk meneruskan putaran mesin dari pulley primer / drive pulley menuju ke pulley sekunder / driven pulley. Apabila v-belt aus maka akan cenderung selip pada permukaan pulley sehingga tenaga dari mesin tidak bisa 100% diteruskan ke pulley sekunder. Ini juga berakibat sepeda motor tidak mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

e.  Weight rollers terlalu berat
Weight rollers / pemberat adalah komponen cvt yang terletak pada drive pulley. Bekerja berdasarkan gaya centrifugal pada drive pulley, semakin tinggi putaran mesin maka weight akan cenderung terlempar menjauhi titik tengah pulley, terlemparnya weight akan menekan pulley bergerak pada drive pulley sehingga diameter tumpuan v-belt pada drive pulley berada pada diameter terbesar. Jika weight terlalu berat maka rasio gigi besar akan lebih cepat terjapai. Jadi bukan ini jawabannya.

Berdasarkan penjelasan di atas maka yang mungkin menjadi penyebab melemahnya unjuk kerja pada kecepatan tinggi adalah Clutch shoe aus atau rusak dan Drive belt terlalu aus, antara jawaban “c”dan”d”

Nah lho…. Trus mana jawaban yang paling tepat untuk soal di atas? Kuncinya ada di soal, cermati penggalan soal ini “Di bawah ini adalah akibat kerusakan komponen kopling pada sistem transmisi otomatis”. Soal ini menitik beratkan pada komponen kopling, sementara diantara jawaban c dan d yang merupakan komponen kopling adalah c, jadi jawaban untuk soal ini “c” Clutch shoe aus atau rusak

klik disini untuk menuju halaman selanjutnya....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar