Soal :
Di bawah ini adalah akibat kerusakan komponen kopling
pada sistem transmisi otomatis. Bila sepeda motor automatic mengalami unjuk
kerja lemah pada kecepatan tinggi, maka penyebabnya adalah….
a. Pegas clutch shoe patah
b. Pegas driven face lemah
c. Clutch shoe aus atau rusak
d. Drive belt terlalu aus
e. Weight rollers terlalu berat
Pembahasan :
Soal di atas menanyakan tentang kerusakan yang mungkin
terjadi pada transmisi otomatis sepeda motor (cvt) dengan gejala sepeda motor
tidak mampu mencapai kecepatan tinggi walaupun gas sudah ditarik penuh atau
putaran tinggi. Gejala seperti ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada
komponen cvt.
Mari kita kaji bersama jawaban multiple choice di
atas, kira – kira jawaban mana yang paling tepat :
a. Pegas clutch shoe patah
Pegas clutch shoe adalah komponen pada kopling otomatis cvt yang
berfungsi untuk mengembalikan posisi sepatu kopling pada posisi semula setelah
mengembang pada putaran menengah dan putaran tinggi. Apabila pegas clutch shoe
patah maka sepatu kopling akan selalu dalam posisi mengembang sehingga kopling
akan terkopel / terhubung terus walaupun dalam putaran rendah sekalipun
sehingga roda akan cenderung berputar walaupun mesin masih berada pada putaran
idle. Jadi patahnya pegas kopling tidak berpengaruh pada melemahnya unjuk kerja
pada kecepatan tinggi
b. Pegas driven face lemah
Pegas driven face adalah komponen cvt yang terletak pada bagian pulley
belakang / pulley sekunder / driven pulley. Pegas driven face bertugas menekan
secondary sliding sheave / pulley bergerak bagian belakang. Pegas driven face
berfungsi untuk menekan pulley bergerak sehingga pulley akan cenderung
menyempit terutama pada saat mesin berada pada putaran rendah. Semakin besar
kekuatan pegas maka pulley belakang akan cenderung lebih menyempit sehingga
diameter tumpuan v-belt pada pulley belakang berada pada diameter terbesar,
akibatnya torsi roda belakang lebih besar, seandainya diibaratkan motor manual
pada gigi kecil. Sebaliknya jika pegas terlalu lemah pulley belakang akan lebih
cepat melebar, diameter tumpuan v-belt pada pulley belakang berada pada
diameter kecil atau menggunakan gigi besar pada motor manual. Jadi jawabannya bukan
ini “b”
c. Clutch shoe aus atau rusak
Clutch shoe / kanvas kopling centrifugal, apabila kanvas kopling aus
maka akibatnya kopling tidak bisa terkopling dengan sempurna dengan kata lain
selip kopling sehingga tenaga dari mesin tidak bisa 100% diteruskan ke roda
baik pada putaran rendah maupun putaran tinggi. Dengan demikian sepeda motor
tidak mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan konsumsi bahan bakar menjadi
lebih boros.
d. Drive belt terlalu aus
Drive belt / v-belt adalah komponen cvt yang berfungsi untuk meneruskan
putaran mesin dari pulley primer / drive pulley menuju ke pulley sekunder /
driven pulley. Apabila v-belt aus maka akan cenderung selip pada permukaan
pulley sehingga tenaga dari mesin tidak bisa 100% diteruskan ke pulley sekunder.
Ini juga berakibat sepeda motor tidak mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan
konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.
e. Weight rollers terlalu berat
Weight rollers / pemberat adalah komponen cvt yang terletak pada drive
pulley. Bekerja berdasarkan gaya centrifugal pada drive pulley, semakin tinggi
putaran mesin maka weight akan cenderung terlempar menjauhi titik tengah
pulley, terlemparnya weight akan menekan pulley bergerak pada drive pulley
sehingga diameter tumpuan v-belt pada drive pulley berada pada diameter
terbesar. Jika weight terlalu berat maka rasio gigi besar akan lebih cepat
terjapai. Jadi bukan ini jawabannya.
Berdasarkan penjelasan di atas maka yang mungkin
menjadi penyebab melemahnya unjuk kerja pada kecepatan tinggi adalah Clutch
shoe aus atau rusak dan Drive belt terlalu aus, antara jawaban “c”dan”d”
Nah lho…. Trus mana jawaban yang paling tepat untuk
soal di atas? Kuncinya ada di soal, cermati penggalan soal ini “Di bawah ini
adalah akibat kerusakan komponen kopling pada sistem transmisi otomatis”. Soal ini menitik
beratkan pada komponen kopling, sementara diantara jawaban c dan d yang
merupakan komponen kopling adalah c, jadi jawaban untuk soal ini “c” Clutch
shoe aus atau rusak
klik disini untuk menuju halaman selanjutnya....
klik disini untuk menuju halaman selanjutnya....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar