Puji syukur senantiasa kami
panjatkan atas segala nikmatmu ya Allah, nikmat sehat, nikmat sempat, dan nikmat
mampu menulis kunci jawaban prediksi soal un SMK TSM Teknik Sepeda Motor 2018. Mohon
maaf yang sebesar – besarnya kepada teman – teman yang telah request kunci
jawaban karena baru kali ini saya berkesempatan untuk menulisnya. Tak lupa
ucapan terimakasih yang sebanyak – banyaknya atas kepercayaan saudara untuk
belajar bersama di SALDAMedia semoga ilmu yang kita dapatkan bisa bermanfaat
untuk kita semuanya.
Berikut adalah kunci jawaban
dari prediksi soal un SMK TSM Teknik Sepeda Motor 2018 dan kami lengkapi dengan
sedikit pembahasan untuk pendukung jawaban yang kami anggap paling benar :
Barangkali anda menginginkan
untuk melihat soalnya terlebih dahulu silahkan klik disini….prediksi soal un smk tsm teknik sepeda motor
1. Jawaban “c” 2000 rpm. Pembahasan : pulley
penggerak terpasang pada poros engkol dan jumlah putaran poros engkol adalah
setengah dari jumlah gerakan piston.
2. Jawaban “a” 3 Nm, Pembahasan : 3 Nm diperoleh
dari gaya drive gear 100 Newton dikalikan jari – jari driven gear dalam satuan
meter 0,03 meter.
3. Jawaban “b” 1, 2, 3, 4, Pembahasan : dari no 1
sampai dengan no 5 aturan penyimpanan peralatan bengkel benar semua terkecuali
aturan no 5. Peralatan bengkel yang sebagian besar terbuat dari logam terutama
besi tidak boleh dicuci menggunakan air karena dapat menimbulkan korosi atau
karat yang berakibat peralatan bengkel rusak atau tidak dapat berfungsi dengan
baik
4. Jawaban “c”, Pembahasan : urut dari nomer
terkecil nama – nama komponen di atas adalah : 1. Valve, 2. spring, 3.
crankshaft, 4. rocker arm, 5. sparkplug
5. Jawaban “b”, Lengan rem, sepatu rem, bubungan.
Pembahasan : urut dari nomer terkecil nama – nama komponen di atas adalah : 1.
Mur, 2. Lengan rem, 3. Indicator plat, 4. Seal debu, 5. Panel tutup tromol, 6.
Sepatu rem, 7. Bubungan, 8. pegas
6. Jawaban “c”, separator. Pembahasan : plat
positif dan plat negative aki di dalam box aki saling berdekatan jaraknya,
untuk mencegah agar tidak saling bersinggungan dibatasi oleh lembaran yang
disebut sebagai separator.
7. Jawaban “a”, Hisap, kompresi, usaha, buang.
Pembahasan : motor 4 tak terdiri dari 4 langkah piston yaitu :
1. Hisap :
campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam ruang bakar dan ruang silinder
2. Kompresi : campuran udara dan bahan bakar di dalam
ruang bakar dan silinder ditekan atau dikompresi oleh piston sampai dengan
tekanan tertentu agar mempermudah terjadinya ledakan bahan bakar
3. Usaha :
sebelum langkah kompresi berakhir, busi memercikkan bunga api sehingga memicu
ledakan campuran bahan bakar yang selanjutnya mendorong piston dari TMA menuju
ke TMB
4. Buang : sisa
pembakaran ditekan oleh piston keluar melalui saluran pembuangan atau kenalpot.
8. Jawaban “c”, 1,3,4. Pembahasan : kegunaan
kompresor udara pada poin no 2 yaitu membersihkan debu pada tromol rem tidak
tepat karena membahayakan bagi saluran pernafasan.
9. Jawaban “d”, dial bore gauge. Pembahasan :
vernier caliper juga bias digunakan untuk mengukur diameter silinder tetapi hasil
pengukurannya kurang maksimal dan hanya mampu mengukur pada bagian tepinya
saja. Alat ukur yang paling tepat digunakan adalah dial bore gauge.
10. Jawaban
“e”, valve spring compression. Pembahasan : valve spring compression sangat
membantu dalam pemasangan maupun pembongkaran katup terutama sangat membantu
untuk menekan dan menahan pegas katup yang tidak mungkin mampu jika hanya
ditekan menggunakan tangan kosong
11. Jawaban
“b”, vernier caliper. Pembahasan : dalam pengukuran ini yang dibutuhkan adalah
informasi mengenai dimensi panjang suatu komponen, komponen yang dimaksud adalah
pegas dan alat ukur yang paling tepat untuk digunakan adalah vernier caliper.
12. Jawaban
“b”, kompresi tester. Pembahasan : vacuum tester berfungsi untuk mengukur
tingkat kevakuman pada suatu ruang, valve spring compression adalah sst untuk
bongkar dan pasang katup, back shock compression adalah sst untuk bongkar dan
pasang pegas katup, tire inflator gun berfungsi untuk memompa ban, sedangkan
kompresi tester untuk mengukur tekanan di dalam ruang bakar
13. Jawaban
“c”, 4. Pembahasan : no 1 jarum penunjuk skala, no 2 skala ukur dengan satuan
tertentu, no 3 Zero posision adjuster screw adalah sekerup kalibrasi Voltmeter
dan Amperemeter, no 4 Æ W
Adjuster knob adalah Tombol kalibrasi Ohmmeter, no 5 Range selector knob adalah
sakelar penunjuk pemakaian batas satuan ukuran yang diinginkan, no 6 terminal
probe + dan - , no 7 Test lead adalah tangkai kabel pengujian yang mempunyai
warna Merah (+) dan Hitam (-).
14. Jawaban
“d”, 2,3,5,1,6,7,8,9,4 Pembahasan : urutan pembongkara kepala silinder sepeda
motor :
1. Melepas
karburator
2. Melepas
knalpot
3. Melepas
busi
4. Melepas
timing chain
5. Mengendorkan
dan melepas mur kepala silinder
6. Mengangkat
/ melepas kepala silinder
7. Melepas
camshaft
8. Melepas
rocker arm
9. Melepas
katup
15. Jawaban
“b”, Periksa dan bersihkan main jet. Pembahasan : gejala brebet atau tersendat
pada putaran tinggi adalah gejala yang muncul akibat jumlah bahan bakar tidak
sesuai dengan kebutuhan mesin sehingga pembakaran yang terjadi kurang sempurna,
pada kecepatan tinggi komponen yang bertugas mensuplai bahan bakar adalah main
jet sehingga apabila terjadi gangguan pada putaran tinggi komponen pertama yang
kita periksa adalah main jet.
16. Jawaban
“e”, terdapat gelembung udara. Pembahasan : udara adalah fluida yang dapat
dikompresikan sehingga apabila didalam saluran rem terdapat gelembung udara
maka akan terasa seperti menekan balon udara, selain itu juga daya tekan ke
piston caliper rem tidak maksimal sehingga pengereman tidak bekerja dengan baik
(kurang pakem)
17. Jawaban
“a”, Pembahasan : urutan penyetelan rantai roda sepeda motor bebek yang benar
yaitu Kendorkan mur as roda dan mur penahan rem, ukur kekencangan rantai,
samakan jumlah strip pada lengan ayun kiri dan kanan, kencangkan mur as roda,
kencangkan mur spanner, kencangkan mur penahan rem
18. Jawaban
“a”, 0,5 ampere x 10 jam. Pembahasan : ada dua pilihan dalam mencharge baterai,
pengisian normal atau cepat, uraian tentang pengisian baterai secara lengkap
dapat anda lihat pada postingan sebelumnya atau klik link in cara ngecas baterai. arus
listrik untuk pengisian baterai secara normal adalah 10% dari angka kapasitas
yang tertera pada box baterai atau accu. 10% dari 5Ah adalah 0,5 A dalam waktu
10 jam.
19. Jawaban
“b”, Pembahasan : urutan dalam merangkai head lamp adalah Baterai, fuse, kunci
kontak, saklar lampu, saklar dimmer, lampu depan.
20. Jawaban
“c” sekring putus, Pembahasan : pada saat tombol starter ditekan relay starter
tidak terdengar suara klik, ini belum tentu relaynya yang rusak, bias jadi
tegangan listrik tidak sampai ke relay oleh karena itu perlu dilakukan
pemeriksaan pada komponen sebelumnya yaitu tombol starter, sekring, kunci kontak,
bahkan mungkin bias jadi soket dan kabel – kabelnya.
klik disini untuk menuju halaman selanjutnya....
klik disini untuk menuju halaman selanjutnya....
2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar