SENTER TANPA BATERAI

SENTER TANPA BATERAI
CARA BUAT SENTER TANPA BATERAI | KLIK DI GAMBAR...

24 Oktober 2019

Kunci jawaban prediksi soal un SMK TSM Teknik Sepeda Motor 2018


Puji syukur senantiasa kami panjatkan atas segala nikmatmu ya Allah, nikmat sehat, nikmat sempat, dan nikmat mampu menulis kunci jawaban prediksi soal un SMK TSM Teknik Sepeda Motor 2018. Mohon maaf yang sebesar – besarnya kepada teman – teman yang telah request kunci jawaban karena baru kali ini saya berkesempatan untuk menulisnya. Tak lupa ucapan terimakasih yang sebanyak – banyaknya atas kepercayaan saudara untuk belajar bersama di SALDAMedia semoga ilmu yang kita dapatkan bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

Berikut adalah kunci jawaban dari prediksi soal un SMK TSM Teknik Sepeda Motor 2018 dan kami lengkapi dengan sedikit pembahasan untuk pendukung jawaban yang kami anggap paling benar :

Barangkali anda menginginkan untuk melihat soalnya terlebih dahulu silahkan klik disini….prediksi soal un smk tsm teknik sepeda motor 

1. Jawaban “c” 2000 rpm. Pembahasan : pulley penggerak terpasang pada poros engkol dan jumlah putaran poros engkol adalah setengah dari jumlah gerakan piston.

2. Jawaban “a” 3 Nm, Pembahasan : 3 Nm diperoleh dari gaya drive gear 100 Newton dikalikan jari – jari driven gear dalam satuan meter 0,03 meter.  

3. Jawaban “b” 1, 2, 3, 4, Pembahasan : dari no 1 sampai dengan no 5 aturan penyimpanan peralatan bengkel benar semua terkecuali aturan no 5. Peralatan bengkel yang sebagian besar terbuat dari logam terutama besi tidak boleh dicuci menggunakan air karena dapat menimbulkan korosi atau karat yang berakibat peralatan bengkel rusak atau tidak dapat berfungsi dengan baik

4. Jawaban “c”, Pembahasan : urut dari nomer terkecil nama – nama komponen di atas adalah : 1. Valve, 2. spring, 3. crankshaft, 4. rocker arm, 5. sparkplug

5. Jawaban “b”, Lengan rem, sepatu rem, bubungan. Pembahasan : urut dari nomer terkecil nama – nama komponen di atas adalah : 1. Mur, 2. Lengan rem, 3. Indicator plat, 4. Seal debu, 5. Panel tutup tromol, 6. Sepatu rem, 7. Bubungan, 8. pegas

6. Jawaban “c”, separator. Pembahasan : plat positif dan plat negative aki di dalam box aki saling berdekatan jaraknya, untuk mencegah agar tidak saling bersinggungan dibatasi oleh lembaran yang disebut sebagai separator.

7. Jawaban “a”, Hisap, kompresi, usaha, buang. Pembahasan : motor 4 tak terdiri dari 4 langkah piston yaitu :
1. Hisap     : campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam ruang bakar dan ruang silinder
2. Kompresi       : campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar dan silinder ditekan atau dikompresi oleh piston sampai dengan tekanan tertentu agar mempermudah terjadinya ledakan bahan bakar
3. Usaha    : sebelum langkah kompresi berakhir, busi memercikkan bunga api sehingga memicu ledakan campuran bahan bakar yang selanjutnya mendorong piston dari TMA menuju ke TMB
4. Buang    : sisa pembakaran ditekan oleh piston keluar melalui saluran pembuangan atau kenalpot.

8. Jawaban “c”, 1,3,4. Pembahasan : kegunaan kompresor udara pada poin no 2 yaitu membersihkan debu pada tromol rem tidak tepat karena membahayakan bagi saluran pernafasan.

9. Jawaban “d”, dial bore gauge. Pembahasan : vernier caliper juga bias digunakan untuk mengukur diameter silinder tetapi hasil pengukurannya kurang maksimal dan hanya mampu mengukur pada bagian tepinya saja. Alat ukur yang paling tepat digunakan adalah dial bore gauge.

10. Jawaban “e”, valve spring compression. Pembahasan : valve spring compression sangat membantu dalam pemasangan maupun pembongkaran katup terutama sangat membantu untuk menekan dan menahan pegas katup yang tidak mungkin mampu jika hanya ditekan menggunakan tangan kosong

11. Jawaban “b”, vernier caliper. Pembahasan : dalam pengukuran ini yang dibutuhkan adalah informasi mengenai dimensi panjang suatu komponen, komponen yang dimaksud adalah pegas dan alat ukur yang paling tepat untuk digunakan adalah vernier caliper.

12. Jawaban “b”, kompresi tester. Pembahasan : vacuum tester berfungsi untuk mengukur tingkat kevakuman pada suatu ruang, valve spring compression adalah sst untuk bongkar dan pasang katup, back shock compression adalah sst untuk bongkar dan pasang pegas katup, tire inflator gun berfungsi untuk memompa ban, sedangkan kompresi tester untuk mengukur tekanan di dalam ruang bakar

13. Jawaban “c”, 4. Pembahasan : no 1 jarum penunjuk skala, no 2 skala ukur dengan satuan tertentu, no 3 Zero posision adjuster screw adalah sekerup kalibrasi Voltmeter dan Amperemeter, no 4 Æ W Adjuster knob adalah Tombol kalibrasi Ohmmeter, no 5 Range selector knob adalah sakelar penunjuk pemakaian batas satuan ukuran yang diinginkan, no 6 terminal probe + dan - , no 7 Test lead adalah tangkai kabel pengujian yang mempunyai warna Merah (+) dan Hitam (-).

14. Jawaban “d”, 2,3,5,1,6,7,8,9,4 Pembahasan : urutan pembongkara kepala silinder sepeda motor :
1.  Melepas karburator
2.  Melepas knalpot
3.  Melepas busi
4.  Melepas timing chain
5.  Mengendorkan dan melepas mur kepala silinder
6.  Mengangkat / melepas kepala silinder
7.  Melepas camshaft
8.  Melepas rocker arm
9.  Melepas katup

15. Jawaban “b”, Periksa dan bersihkan main jet. Pembahasan : gejala brebet atau tersendat pada putaran tinggi adalah gejala yang muncul akibat jumlah bahan bakar tidak sesuai dengan kebutuhan mesin sehingga pembakaran yang terjadi kurang sempurna, pada kecepatan tinggi komponen yang bertugas mensuplai bahan bakar adalah main jet sehingga apabila terjadi gangguan pada putaran tinggi komponen pertama yang kita periksa adalah main jet.

16. Jawaban “e”, terdapat gelembung udara. Pembahasan : udara adalah fluida yang dapat dikompresikan sehingga apabila didalam saluran rem terdapat gelembung udara maka akan terasa seperti menekan balon udara, selain itu juga daya tekan ke piston caliper rem tidak maksimal sehingga pengereman tidak bekerja dengan baik (kurang pakem)

17. Jawaban “a”, Pembahasan : urutan penyetelan rantai roda sepeda motor bebek yang benar yaitu Kendorkan mur as roda dan mur penahan rem, ukur kekencangan rantai, samakan jumlah strip pada lengan ayun kiri dan kanan, kencangkan mur as roda, kencangkan mur spanner, kencangkan mur penahan rem

18. Jawaban “a”, 0,5 ampere x 10 jam. Pembahasan : ada dua pilihan dalam mencharge baterai, pengisian normal atau cepat, uraian tentang pengisian baterai secara lengkap dapat anda lihat pada postingan sebelumnya atau klik link in cara ngecas baterai. arus listrik untuk pengisian baterai secara normal adalah 10% dari angka kapasitas yang tertera pada box baterai atau accu. 10% dari 5Ah adalah 0,5 A dalam waktu 10 jam.

19. Jawaban “b”, Pembahasan : urutan dalam merangkai head lamp adalah Baterai, fuse, kunci kontak, saklar lampu, saklar dimmer, lampu depan.

20. Jawaban “c” sekring putus, Pembahasan : pada saat tombol starter ditekan relay starter tidak terdengar suara klik, ini belum tentu relaynya yang rusak, bias jadi tegangan listrik tidak sampai ke relay oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan pada komponen sebelumnya yaitu tombol starter, sekring, kunci kontak, bahkan mungkin bias jadi soket dan kabel – kabelnya.

klik disini untuk menuju halaman selanjutnya....
2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar