1. Komponen sistem pemindah tenaga yang fungsinya
memutus dan menyambung putaran poros engkol ke transmisi adalah ….
a. kopling
b. cam shaft
c. drive shaft
d. cruck as
e. porsneling
2. Kopling sepeda motor yang
cara bekerjaya diatur oleh pengemudi melalui handle kopling termasuk kategori
….
a. Kopling hidrolik
b. Kopling pnuematik
c. Kopling manuak
d. Kopling mekanis
e. Kopling sentripugal
3. Cara pembebasan kopling manual
dengan mendorong dari arah luar disebut tipe ….
a. Outer push type
b. Immer push type
c. Rack and pinion type
d. Outer inner push type
e. Out-inner pull type
4. Kopling yang cara pemindahan giginya berdasarkan
tinggi dan rendahnya putaran
mesin disebut ….
a.
Kopling otomatis
b.
Kopling manual
c.
Kopling hidrolik
d.
Kopling kerja tunggal
e.
Kopling kerja ganda
5. Cara melakukan penyetelan kopling manual sepeda motor jenis cub/bebek….
a.
kendorkan mur
pengunci, setel adjuster bolt 1/8-1/4 putaran, kencangkan mur pengunci
b.
kendorkan mur
pengunci, setel adjuster bolt 1/4-1/2 putaran, kencangkan mur pengunci
c.
kendorkan mur
pengunci, setel adjuster bolt 1/2-1 putaran, kencangkan mur pengunci
d.
kendorkan mur
pengunci pada handle kopling, putar baut penyetel, jarak main bebas handle
2-3cm
e.
kendorkan mur
pengunci pada handle kopling, putar baut penyetel, jarak main bebas handle
4-5cm
6. Cara melakukan penyetelan kopling manual sepeda motor jenis sport….
a.
kendorkan mur
pengunci, setel adjuster bolt 1/8-1/4 putaran, kencangkan mur pengunci
b.
kendorkan mur
pengunci, setel adjuster bolt 1/4-1/2 putaran, kencangkan mur pengunci
c.
kendorkan mur
pengunci, setel adjuster bolt 1/2-1 putaran, kencangkan mur pengunci
d.
kendorkan mur
pengunci pada handle kopling, putar baut penyetel, jarak main bebas handle
2-3cm
e.
kendorkan mur
pengunci pada handle kopling, putar baut penyetel, jarak main bebas handle
4-5cm
7. Fungsi sistem kopling pada sepeda motor adalah
a. Meneruskan dan memutuskan putaran mesin.
b. Meneruskan dan memutuskan putaran roda mesin
c. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke transmisi.
d. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke mesin.
e. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke roda
belakang.
8. Yang tidak termasuk komponen dalam sistem kopling mekanis sepeda
motor adalah . . . . .
a. Mekanisme handle (tali
kopling, kabel, tuas dan handle)
b. Driven gear, clutch
housing, friction plate, plain plate, coil spring.
c. Center clutch dan pressure
clutch
d. Klep penjamin dan release
rod
e. Drive gear dan gear box
9. Cara kerja kopling otomatis pada sepeda motor bekerja berdasarkan . . . .
a. Tinggi dan rendahnya jalan yang dilalui sepeda motor
b. Tinggi dan rendahnya putaran roda sepeda motor.
c. Tinggi dan rendahnya putaran transmisi sepeda motor.
d. Tinggi dan rendahnya putaran perseneling sepeda motor.
e. Tinggi dan rendahnya putaran mesin sepeda motor.
10. Jika pemasangan kampas kopling dan plat kopling tidak sesuai akan
berakibat . . . . .
a.
Kampas kopling patah.
b.
Kampas kopling selip
dan hangus
c.
Kampas kopling
berputar tidak pada tempatnya
d.
Kampas kopling tidak
dapat bergerak
e.
Kampas kopling tidak
berputar
11. Tanda-tanda kampas kopling telah aus pada kendaraan bermotor
antara lain . . . .
a.
Tenaga mesin terasa
berkurang, terutama ketika menanjak.
b.
Antara RPM mesin dan
kecepatan tidak sebanding, contohnya seperti putaran mesin tinggi namun laju sepeda motor seperti
tertahan
c.
Perpindahan gigi
transmisi terasa keras dan kasar, untuk transmisi matik terasa kasar.
d.
Bahan bakar menjadi boros
e.
Semua benar
12. Alat ukur yang paling tepat untuk mengukur
ketebalan kanvas kopling adalah….
a.
dial bore gauge
b.
feeler gauge
c.
micrometer
d.
jangka sorong
e.
mistar baja
13. Alat untuk memeriksa kebengkokan plat kopling adalah….
a.
dial bore gauge
b.
feeler gauge
c.
micrometer
d.
jangka sorong
e.
mistar baja
14. Kebiasaan menekan/menarik setengah kopling pada kendaraan bermotor
akan berakibat . . . .
a.
Kampas kopling aus
dan tipis
b.
Kampas kopling tidak
bekerja
c.
Kopling tidak bekerja
dengan maksimal
d.
Kopling terbalik
e.
Kampas kopling selip
dan bergerak sendiri
15. Beberapa penyebab suara berisik dari bagian kopling di CVT motor
skubek adalah. . . .
a. Tekanan kampas kopling ke mangkuk kopling tidak rata
b. Karet damper kopling yang
aus atau sudah mengeras
c. Benturan sepatu
kopling yang satu dengan sepatu kopling
yang lainnya.
d. Damper karet yang tidak
sama rata antara yang satu dengan yang lainnya.
e. Semua benar
16. Terdapat dua unit kopling pada sepeda motor jenis cub, antara lain . . . .
a.
Kopling tetap dan
kopling berubah-ubah
b.
Kopling primer dan
kopling sekunder
c.
Kopling statis dan
kopling dinamis
d.
Kopling statis dan
kopling sentripugal
e.
Kopling primer dan
kopling sentripetal
17. Contoh sepeda motor yang menggunakan kopling otomatis yang
terpasang pada poros engkol adalah…..
a. Honda WIN 100
b.
Honda GL Pro
c.
Yamaha Lexsam
d.
Honda C70
e.
Suzuki shogun
18. Fungsi komponen centripugal pada kopling otomatis sepeda motor
adalah . . . .
a. Memutarkan poros engkol
sepeda motor
b. Memutarkan sistem kopling
pada saat putaran mesin tinggi
c. Memutarkan poros transimisi
dan rumah kopling saat putaran menengah
d. Memutarkan sistem kopling
pada saat mesin mulai berputar
e.
Memutarkan rumah kopling sepeda motor otomatis
19. Jenis dan konstruksi kopling otomatis tipe centripugal adalah . .
. .
a.
Centripugal tipe
pelat dan karet
b.
Centripugal tipe
pelat dan baja
c.
Centripugal tipe
pelat dan pelat banyak
d.
Centripugal tipe
pelat dan aluminium
e.
Centripugal tipe
pelat dan kanvas
20. Fungsi minyak pelumas/oli
bagi sistem kopling sepeda motor adalah . . . .
a.
Sebagai pendingin dan
melumasi komponen kopling dan memperlembut gesekan antar komponen
b.
Sebagai pendingin dan melumasi rumah kopling
saja
c.
Sebagai pendingin dan
melumasi pelat kolping saja
d.
Sebagai pendingin dan
pelumas bagian mesin
e.
Sebagai pendingin dan
pelumas bagian transmisi saja.
Jawabannya g ada?
BalasHapusMinta kuncinya bro....
BalasHapus