Pada kesempatan kali ini saya share soal-soal latihan tentang EFI pada sepeda motor sebagai referensi belajar anda sekalian siswa-siswi SMK program keahlian TBSM kelas XI dalam menghadapi PAS (Penilaian AKhir Semester) mata pelajaran PMSM (Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor). Wabil Khusus untuk siswa siswi saya di salah satu SMK N di wonosobo, silahkan soal-soal latihan ini anda kerjakan sampai benar-benar diperoleh jawaban yang paling sesuai.
Soal Penilaian Akhir Semester gasal mata pelajaran PMSM kelas XI terdiri dari 5 BAB yaitu :
- Perawatan Berkala Sistem Injeksi Bahan Bakar
- Perawatan Berkala Sistem Transmisi Manual
- Perawatan Berkala Sistem Transmisi Otomatis
- Perawatan Berkala Sistem Kopling Manual
- Perawatan Berkala Sistem Kopling Otomatis
Namun pada postingan ini hanya saya muat mengenai soal-soal latihan tentang sistem injeksi bahan bakar saja, sedangkan untuk soal-soal latihan yang lainnya sudah saya unggah pada postingan sebelumnya di blog saya ini SALDAMedia atau silahkan klik pada link berikut : silahkan klik soal smk tsm transmisi manual pilihan ganda, silahkan klik Soal CVT kelas XII, silahkan klik soal-kopling-sepeda-motor-kelas-xi uh 1, silahkan klik soal-kopling-sepeda-motor-kelas-xi uh 2, Semoga postingan saya ini bermanfaat untuk semua, terimakasih atas kunjungannya. Semoga Sukses Selalu
Soal EFI Sepeda Motor
1. Sistem
suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi
kontrol secara elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan. Adalah pengertian dari....
a. Sistem pengapian
b.
Sistem EFI
c. Sistem karburator
d.
Sistem ABS
e. Sistem pengisian
2. Kekurangan dari sepeda motor yang menggunakan sistem
EFI adalah....
a. Mengurangi emisi gas buang.
b. Lebih hemat bahan bakar.
c. Harga
lebih mahal.
d. Mesin mudah dihidupkan pada kondisi apapun.
e. Idle tidak terpengaruh pada ketinggian suatu daerah.
3. Komponen
pada sistem EFI yang berfungsi sebagai sumber informasi tentang kondisi sepeda
motor dan selanjutnya dilaporkan ke control unit adalah....
a. Actuator
b. Pekerja
c. Panca
indra
d. ECM
e. Sensor
unit
4. Perhatikan gambar berikut:
Gambar di atas adalah
salah satu komponen pada sistem EFI sepeda motor, nama komponen tersebut
adalah....
a. Throttle
body
b. Fuel
pump
c. Thermo
sensor
d. FID
e. EOT
5. Pada
sepeda motor karburator terdapat satu komponen yang berfungsi untuk menambah
pasokan bahan bakar pada saat mesin masih dingin sehingga mudah dinyalakan,
komponen tersebut adalah choke. Sedangkan pada sepeda motor yang menggunakan
sistem EFI, kerja choke digantikan oleh....
a. EOT
b. FID
c. Injector
d. hrottle
body
e. Fuel
pump
6. Putaran
mesin dari sebuah sepeda motor EFI tidak dapat berputar dengan langsam ketika
handle gas dilepas, setelah diperiksa ternyata putaran mesin terlalu rendah.
Bagaimana cara menaikkan putaran mesinnya....
a. Putar
setelan idle screw ke kanan
b. Putar
setelan idle screw ke kiri
c. Putar
by
pass
screw
ke kanan
d. Putar
by
pass
screw
ke kiri
e. Putar setelan pada handle
gas
7. Sensor
yang berfungsi untuk mengetahui suhu udara yang masuk melalui throttle body
adalah....
a. Intake
air temperature sensor
b. Throttle
position sensor
c. Intake air pressure
sensor
d. Crank Position Sensor
e. Coolant Temperature
Sensor
8. Throttle position sensor berada di dalam throttle body, bertugas mengirimkan signal ke control unit dan selanjutnya control unit yang menentukan seberapa banyak bahan bakar yang disuplai ke dalam ruang bakar. Informasi apa yang dikirimkan TPS ke contol unit....
a. Jumlah
udara masuk
b. Suhu
udara saat itu
c. Tekanan
udara
d. Posisi
throttle
e. Posisi
klep
9. Perhatikan
gambar berikut :
Tanda
panah “ A “ menunjukkan pada gap
pick up rotor yang lebih besar dibanding lainnya, besar sudutnya adalah....
a. 30
degree
b. 40
degree
c. 50
degree
d. 60
degree
e. 70
degree
10.Pada
saat mesin sudah mencapai suhu kerja maka kipas elektrik radiator akan
berputar, berputarnya kipas radiator ditentukan oleh control unit setelah
mendapatkan informasi suhu mesin dari salah satu sensor. Sensor apakah yang
dimaksud....
a. Intake
air temperature sensor
b. Throttle
position sensor
c. Intake
air pressure sensor
d. Crank
Position Sensor
e. Coolant
Temperature
Sensor
11.Pada
sepeda motor berpendingin air, terdapat sensor cairan pendingin untuk
mendeteksi suhu kerja mesin. Sedangkan pada sepeda motor berpendingin udara
tidak terdapat sensor suhu cairan pendingin melainkan sensor suhu oli mesin.
Nama sensor yang dimaksud adalah....
a. Coolant
temperature sensor
b. Engine
oil temperatur sensor
c. Intake
air temperatur sensor
d. Thermo
switch sensor
e. Water
coolant sensor
12.Pagi
hari sebelum berangkat sekolah, Arnold melakukan pemanasan pada sepeda
motornya, karena tanahnya basah tiba-tiba sepeda motor terjatuh atau ambruk dan
seketika mesin sepeda motor mati dengan sendirinya. Jika sepeda motor Arnold
menggunakan sistem EFI, apa analisa anda....
a. Ketika
sepeda motor miring sedikit maka angle sensor akan mengirimkan informasi ke
control unit kemudian menghentikan kerja fuel pump
b. Ketika
sepeda motor miring sedikit maka angle sensor akan mengirimkan informasi ke
control unit kemudian menghentikan kerja injector
c. Ketika
kemiringan sepeda motor melebihi ±60o maka angle sensor akan
mengirimkan informasi ke control unit kemudian menghentikan kerja fuel pump
sebagai safety bagi pengendara
d. Ketika
kemiringan sepeda motor kurang dari ±60o maka angle sensor akan
mengirimkan informasi ke control unit kemudian menghentikan kerja injector
sebagai safety bagi pengendara
e. Ketika
kemiringan sepeda motor melebihi ±60o maka angle sensor akan
mengirimkan informasi ke control unit kemudian menghentikan kerja fuel pump,
injector, dan ignition coil sebagai safety bagi pengendara
13.Memonitor dan menganalisa informasi dari tiap sensor
dan mengirimkan perintah ke beberapa
komponen agar bekerja sesuai dengan berbagai kondisi pengendaraan adalah fungsi dari komponen....
a. EOT
b. ECU/ECM
c. ECU/ECE
d. IAT/ETO
e. ABS
14.Pada
saat kunci kontak ON, terdengar suara “ngiing” menandakan fuel pump bekerja dan
sesaat kemudian suara itu menghilang. Hal ini menandakan....
a. Fuel
pump bekerja tidak baik karena tidak menyala terus
b. Fuel
pump bekerja tidak baik dimungkinkan sekring putus
c. Fuel
pump tidak mampu mencapai tekanan kerjany sebesar 520 Kpa
d. Fuel
pump telah mencapai tekanan kerjanya sebesar 250 Kpa
e. Fuel
pump telah mencapai tekanan kerjanya sebesar 520 Kpa
15.Solenoid
coil adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam injector yang berfungsi
sebagai....
a. Penghubung
injector dengan fuel pump
b. Penghubung
injector dengan control unit
c. Mulut
semprot injector untuk membentuk kabut bahan bakar
d. Membangkitkan
kemagnitan untuk membuka injector
e. Mengalirkan
arus listrik dari control unit ke injector
a. Indikator
malpraktek teknisi sepeda motor
b. Indikator
kerusakan pada seluruh komponen sepeda motor
c. Indikator
kegagalan fungsi pada komponen sistem EFI
d. Indikator
peringatan penggunaan sepeda motor EFI
e. Indikator
keselamatan safety sepeda motor EFI
17.Kode
kerusakan pada komponen bank angle sensor adalah 54, seandainya sebuah sepeda
motor mengalami kerusakan pada komponen bank angle sensor maka Malfunction Indicator Lamp
akan berkedip sebanyak....
a. 54
kali kedipan pendek
b. 54
kali kedipan panjang
c. 5
kali kedip panjang, 4 kali kedip pendek
d. 5
kali kedip pendek, 4 kali kedip panjang
e. 50
kali kedip pendek, 4 kali kedip panjang
Minta Jawabannya pak
BalasHapus