SENTER TANPA BATERAI

SENTER TANPA BATERAI
CARA BUAT SENTER TANPA BATERAI | KLIK DI GAMBAR...

22 Agustus 2016

Contoh RPP Teknik Listrik Dasar Otomotif 1 SMK Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan         : SMKN  1  ...........................
Mata Pelajaran               : Teknik Listrik Dasar Otomotif
Kelas / Semester           : X  / 1
Pertemuan ke                : 1  -  2
Alokasi Waktu                : 4 x @ 45 Menit

A.     Kompetensi Inti
KI.3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
B.     Kompetensi Dasar
3.1.        Memahami dasar-dasar Listrik
4.1.        Menerapkan Dasar Listrik

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.       Peserta didik mampu mengidentifikasi besaran listrik sesuai kaidah kelistrikan
2.       Peserta didik mampu mengungkapkan mengenai besaran listrik sesuai kaidah kelistrikan
3.       Peserta didik mampu mempresentasikan makna dari besaran listrik sesuai dengan kaidah kelistrikan
D.     Tujuan Pembelajaran
Disediakan alat dan berdiskusi kelompok, diharapkan siswa mampu :
1. Menyebutkan besaran listrik,hukum Ohm dan Kirchof, pengukuran tegangan, tahanan dan arus,rangkaian seri, parallel dan gabungan, induksi sendiri, mutual pada kemagnitan, jenis, ukuran kabel,terminal dan penggunaannya secara benar dan tanggung jawab
2. Mengetahui besaran listrik,hukum Ohm dan Kirchof, pengukuran tegangan, tahanan dan arus,rangkaian seri, parallel dan gabungan, induksi sendiri, mutual pada kemagnitan, jenis, ukuran kabel,terminal dan penggunaannya secara benar dan tanggung jawab
E.       Materi Pembelajaran
1.  Besaran listrik
2.  Hukum Ohm dan Kirchof
3.  Kaidah Flaming
4.  Pengukuran tegangan, tahanan dan arus.
5.  Rangkaian seri, paralel dan gabungan.
6.  Induksi sendiri, mutual pada kemagnitan
7.  Jenis, ukuran kabel, terminal dan penggunaannya.
F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik dan otentik
Metode :
-     Ceramah
-     Tanya Jawab
-     Penugasan dan praktek
G.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.       Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit ) 
o  Guru mengajak semua peserta didik berdoa bersama, guru merespon salam dari peserta didik
o  Guru melakukan presensi siswa
o  Guru menjelaskan tentang tujuan dan materi pembelajaran yang akan dicapai. 
2.       Kegiatan Inti  ( 150 menit)
Mengamati :
o   Peserta didik mengetahui besaran listrik, hukum Ohm dan Kirchof, kaidah Flaming sesuai kaidah kelistrikkan   
Menanya:
o   Peserta didik menanyakan besaran listrik, hukum Ohm dan Kirchof, kaidah Flaming sesuai kaidah kelistrikkan
      Mengeksplorasi:
o   Peserta didik melakukan latihan-latihan soal tentang besaran listrik, hukum Ohm dan Kirchof, kaidah Flaming sesuai kaidah kelistrikkan
      Mengkomunikasikan :
o   Peserta didik dengan berdiskusi dapat mengetahui besaran listrik, hukum Ohm dan Kirchof dan kaidah Flaming sesuai kaidah kelistrikan
3.       Penutup  ( 20 menit )
o   Peserta didik menerima umpan balik materi yang telah diterima.
o   Peserta didik dan guru menyimpulkan hasil materi pembelajaran.
o   Peserta didik mencari tentang pengukuran tegangan, tahanan dan arus,rangkaian seri, paralel dan gabungan, induksi sendiri, mutual pada kemagnitan, jenis, ukuran kabel, terminal dan penggunaannya
Pertemuan ke-2
1.       Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit ) 
o  Guru mengajak semua peserta didik berdoa bersama, guru merespon salam dari peserta didik
o  Guru melakukan presensi siswa
o  Guru menjelaskan tentang tujuan dan materi pembelajaran yang akan dicapai. 
2.       Kegiatan Inti  ( 150 menit)
Mengamati :
o  Peserta didik mengetahui pengukuran tegangan, tahanan dan arus,rangkaian seri, paralel dan gabungan,induksi sendiri, mutual pada kemagnitan,jenis, ukuran kabel, terminal dan penggunaannya.
      Menanya:
o  Peserta didik menanyakan pengukuran tegangan, tahanan dan arus,rangkaian seri, paralel dan gabungan,induksi sendiri, mutual pada kemagnitan,jenis, ukuran kabel, terminal dan penggunaannya.
      Mengeksplorasi:
o  Peserta didik berlatih melakukan pengukuran tegangan, tahanan dan arus,rangkaian seri, paralel dan gabungan,induksi sendiri, mutual pada kemagnitan,jenis, ukuran kabel, terminal dan penggunaannya.
      Mengkomunikasikan :
o  Peserta didik dengan mengulas kembali tentang pengukuran tegangan, tahanan dan arus,rangkaian seri, paralel dan gabungan,induksi sendiri, mutual pada kemagnitan,jenis, ukuran kabel, terminal dan penggunaannya.
3.       Penutup  ( 20 menit )
o   Peserta didik menerima umpan balik materi yang telah diterima.
o   Peserta didik dan guru menyimpulkan hasil materi pembelajaran.
o   Peserta didik mencari tentang pengukuran tegangan, tahanan dan arus,rangkaian seri, paralel dan gabungan, induksi sendiri, mutual pada kemagnitan, jenis, ukuran kabel, terminal dan penggunaannya
H.     Media dan Sumber Belajar
Media :
1.    Laptop dan LCD Proyektor
2.    Buku Paket
Sumber Belajar :
1.   Buku Dasar Listrik
2.   Buku Teknik sepeda Motor Jilid I, Jalius Jama dkk, 2008
I.        Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Penilaian proses
No         
Aspek yang dinilai
Teknik penilaian
Waktu penilaian
Instrumen penilaian
Ket
1
Religius
Pengamatan
Proses
Lembar Pengamatan

2
Tanggung Jawab
3
Jujur
4
Disiplin
5
Santun

Lembar Pengamatan Sikap

Mata Pelajaran                  : Teknik Listrik Dasar Otomotif
Kelas/Semester                 : X/1
Tahun Ajaran                     : 2014/2015
Waktu Pengamatan            :
No
Nama Siswa
RELIGIUS
JUJUR
TANGGUNGJAWAB
SANTUN

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1

















2

















3

















4

















5

















....


















Indikator perkembangan karakter perilaku religius, jujur, tanggung jawab, santun:
1.       BT: Belum Tampak
Jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.       MT: Mulai Tampak
Jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih  sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.       MB: Mulai Berkembang
Jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaaikan tugas yang cukup   sering dan mulai ajeg/konsisten
4.       MK :  Membudaya
Jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
Skor Penilaian:
1(BT)  = 60
2 (MT) = 70
3 (MB) = 80
4 (MK) = 90

2.      Penilaian Proses
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Mengetahui tentang pengukuran tegangan, tahanan dan arus,rangkaian seri, paralel dan gabungan.
Tes tertulis
Isian
Identifikasi pengukuran tegangan, tahanan dan arus,rangkaian seri, paralel dan gabungan.
Mengetahui induksi sendiri, mutual pada kemagnitan, jenis, ukuran kabel, terminal dan penggunaannya
Tes tertulis
Isian
Identifikasi induksi sendiri, mutual pada kemagnitan, jenis, ukuran kabel, terminal dan penggunaannya.

Penilaian Hasil
No soal
Bobot soal
1
20
2
20
3
20
4
20
5
20


Jumlah.
100
        

Mengetahui                                                                   Wonosobo, 18 Juli 2016
Waka Kurikulum                                                            Guru Mata Pelajaran



 ...................................                                                ..................................
NIP.                                                                              NIP. -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar